2020 MotoGP akan Digelar di Indonesia ?

by -20 Views
Suara Flores

SUARAFLORES.NET – Masyarakat Indonesia pencinta MotoGP akan menyaksikan aksi pebalap hebat di Indonesia. Rencananya, Indonesia akan menjadi tuan rumah perhelatan MotoGP di tanah air pada tahun 2020 mendatang.  

Sirkuit Internasional Sentul yang berada di Bogor, Jawa Barat rencananya akan menjadi tuan rumah perhelatan MotoGP 2020. Untuk mewujudkan rencana itu, pemerintah bersama pengelola Sirkuit Sentul akan melakukan renovasi.

Perombakan akan dilakukan di semua lini, mulai dari lintasan, tribun penonton, paddock, area parkir, serta penginapan di sekitaran sirkuit.

Khusus untuk lintasan, Sirkuit Sentul belum memenuhi syarat untuk menyelenggarakan ajang MotoGP. Sebab, panjang lintasan masih kurang 400 meter.

Manajer Sirkuit Internasional Sentul, Ananda Mikola mengatakan, untuk mengakali hal tersebut, lintasan Sirkuit Sentul akan dirombak total.

Kemungkinan, bentuk lintasan akan berubah demi bisa menghadirkan MotoGP Indonesia pada tahun 2020.

“Kalau Dorna sendiri minta nomor satu sirkuit dulu yang dibenahi. Panjang tidak dipermasalahkan, nanti berubah total,” kata Ananda usai melakukan pertemuan dengan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko di Gedung Bina Graha Kantor Staf Kepresidenan, Jakarta, Rabu (18/4/2018) seperti dilansir suara.com.

Baca juga: Motor Ini Harnya Sampai Rp 2,1 Miliar

Lebih lanjut, Ananda mengatakan pihaknya akan semaksimal mungkin memanfaatkan lahan Sirkuit Sentul yang dinilai terbatas.

“Dengan tanah yang ada, kami harus siap. Kalau memang menguntungkan harusnya dari sejak dulu sudah ada (sirkuit) selain Sentul,” kata Ananda.

Mantan pebalap Formula 3000 itu pun menegaskan, nantinya renovasi Sirkuit Sentul tak hanya berfokus pada area vital seperti lintasan.

Kenyamanan penonton pun akan sangat diperhatikan, terutama di area tribun.

“Hanya safety saja dan kami selalu berpikir fasilitas pendukung seperti tribun juga penting,” kata putra dari Direktur Utama Sirkuit Internasional Sentul, Tinton Suprapto.

“Penonton itu sekaligus PR (public relations) kami juga. Baik buruknya event itu nanti mereka bisa bilang. Toilet diperbaiki, tempat duduk diperbaiki. Nanti ditambah tribun semi permanen,” lanjut Ananda.

Walau mengaku sulit, Ananda optimis renovasi sirkuit yang dibangun pada 1994 silam bisa berjalan sesuai harapan dan mencapai target penyelesaian pada 2019 mendatang.

“Memang tidak mudah membangun sirkuit. Jadi suka tidak suka ya hanya ada Sentul. Sekarang jelek? Memang, tapi nyatanya dulu ada MotoGP dua kali kok,” pungkas suami aktris Marcella Zalianty. (*).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *