3 Ruas Jalan Kabupaten di Pulau Adonara Tuntas Tahun Ini

by -11 Views
Suara Flores

LARANTUKA, SUARAFLORES.NET–Pemerintah dan DPRD Kabupaten Flotim melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Penugasan tahun 2018 pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Flotim, telah menetapkan 3 ruas jalan di pulau Adonara. Tiga ruas jalan kabupaten tersebut yakni ruas Karing Lamalouk-Puhugelong-Tikatukang Kecamatan Adonara, ruas Lewat-Bedalewun-Bungalawan di Kecamatan Ile Boleng serta ruas Belan-Meko Kecamatan Witihama. Pemerintah dan DPRD memastikan tiga ruas jalan ini dituntaskan tahun ini.

Demikian keterangan pers yang disampaikan Wakil Ketua DPRD Flotim, Robertus Rebon Kreta, S.Pd kepada Suaraflores.net saat ditemui di kediamannya, belum lama ini. Dikatakan bahwa  penuntasan ruas jalan kabupaten ini sebagai wujud komitmen pemerintah dan DPRD Flotim, terkait misi selamatkan infrastruktur Flotim.

Robert Kreta yang juga menjabat sebagai Sekretaris DPC PDI Perjuangan Flotim, menjelaskan bahwa ruas-ruas tersebut sangat strategis dan membuka konektivitas antar wilayah untuk  mempercepat pertumbuhan ekonomi.

“iya,, seperti ruas Karing Lamalouk-Puhu Gelong-Tikatukang akan memotong waktu dan mempercepat akses ke Kecamatan Adonara, termasuk bagi warga yang mau ke Larantuka. Hal yang sama ruas ke Belang-Meko akan membuat orang semakin lancar ke pasir putih meko sebagai salah satu destinasi wisata yang indah dan ramai dikunjungi saat ini. Saya berharap semua pihak memberikan dukungan agar pekerjaan ini bisa berjalan lancar,”urai Roberth Kreta.

Baca juga: Infrastruktur, Lebu Raya: Perlu Koordinasi, Jangan rasa hebat sendiri

Ditanya proses tender dan kontraktor yang bakal mengerjakan ruas itu, politisi dan DPRD Flotim 3 periode ini mengatakan, sesuai pantauannya sudah jalan dan diharapkan PT. Bumi Indah yang tangani. Pihaknya sudah tegaskan agar pekerjaannya harus bermutu dan memberikan manfaat lebih kepada warga.

“Pekerjaannya pun lancar, tepat waktu, bermutu dan menjadi tolok ukur bagi pemerintah pusat. Flotim sukses menuntaskan kepercayaan ini, sehingga bisa lebih dipercaya lagi pada tahun mendatang,” katanya.

Baca juga: Kontroversi Proyek Rabatnisasi Keluwain-Redontena

Kebijakan strategis ini diapresiasi positif warga. Yohanes Sili Rotok Bahy, S.Sos, warga desa Hinga Kelubagolit kepada Suaraflores.net mengaku bangga jika ruas jalan kabupaten ini tuntas dibangun tahun 2018. Konektivitas antar wilayah di Pulau Adonara semakin terbuka dan tentunya langsung mendongkrak pertumbuhan ekonomi.

Baginya, langkah ini menjadi keberhasilan pemerintahan Bupati-Wakil Bupati Flotim, Anton Hadjon-Agus Boli, meski baru satu tahun memimpin Flotim. Ia meminta dukungan warga, khususnya bagi yang memiliki lahan pada ruas yang dikerjakan agar ikhlas memberikan lahan,  sehingga tidak menghambat pekerjaan.

“Meski ruas ini hanya dibentang hotmix dan belum dilebarkan tapi kita semua harus dukung agar pekerjaannya lancar dan bermutu,”pungkasnya semangat. (war/sfn03).