Bangun Kebersamaan, Tim YWKW Sumba Tengah Anjangsana ke Pantai

by -23 Views
Obyek Wisata Pantai Aily di Sumba Tengah. (Foto: Silvester)

SUARAFLORES.NET,–UNTUK meningkatkan motivasi dan semangat kerja, manajemen Yayasan Wahana Komunikasi Wanita (YWKW) Kabupaten Sumba Tengah bersama para karyawannya melakukan anjangsana atau bertamasya ke pantai. Pantai yang dituju adalah Pantai Aily dan Pantai Harru di Desa Konda Malobha, Kecamatan Katiktutana Selatan.

Kegiatan tamasya tersebut untuk mengisi liburan Hari Raya Nyepi pada Kamis, 7 Maret 2019 itu diikuti Direktris YWKW, Program Koordinator, para Project Officer, Project Asistant serta Community Mobilization (CM). Perjalanan menuju pantai Selatan tersebut menggunakan sebuah mobil pick up dengan menempuh waktu sekitar satu jam tiga puluh menit dari Anakalang, ibukota Kabupaten Sumba Tengah. 

UNTUK meningkatkan motivasi dan semangat kerja, manajemen Yayasan Wahana Komunikasi Wanita (YWKW) Kabupaten Sumba Tengah bersama para karyawannya melakukan anjangsana atau bertamasya ke pantai. Pantai yang dituju adalah Pantai Aily dan Pantai Harru di Desa Konda Malobha, Kecamatan Katiktutana Selatan.

Kegiatan tamasya untuk mengisi liburan Hari Raya Nyepi pada Kamis, 7 Maret 2019 itu diikuti Direktris YWKW, Program Koordinator, para Project Officer, Project Asistant serta Community Mobilization (CM). Perjalanan menuju pantai Selatan tersebut menggunakan sebuah mobil pick up dengan menempuh waktu sekitar satu jam tiga puluh menit dari Anakalang, ibukota Kabupaten Sumba Tengah. 

Di kedua pantai tersebut, pimpinan maupun staf YWKW menikmati indahnya panorama alam dan deburan ombak kecil yang menyapu hamparan pantai pasir bagaikan permadani putih. Di pantai ini pula mereka juga berfoto ria dengan memanfaatkan sejumlah spot menarik. Selain itu, mereka juga melakukan sejumlah permainan atau game dengan tujuan untuk meningkatkan kebersamaan atau kekompakan dalam tim serta bagaimana mengatasi setiap masalah dalam melaksanakan pekerjaan atau tugas setiap hari. 

Sejumlah staf YWKW, Dominggus Djara Woli dan Thomas Praing, mengemukakan, melalui anjangsana atau piknik bersama di hari libur  bisa memberikan energi positif untuk meningkatkan semangat kerja serta kekompakan tim. 

“Makna dari permainan yang baru saja kita lakukan ini adalah kerja sama, kekompakan dalam tim. Dengan kerjasama serta mendengarkan satu komando atau perintah maka kita bisa cepat menyelesaikan pekerjaan, “ujar Dominggus. 

Hal sama juga disampaikan Nindian Rambu Sabati. Dikatakannya, dengan berlibur maka kita bisa merelaksasi atau refreshing. Hal yang paling penting adalah dengan mengunjungi tempat wisata di daerah sendiri maka kita bisa mengenal atau mengetahui secara detail sehingga kita akan bisa menjelaskan kepada para wisatawan atau orang yang baru datang. Kita bisa mempromosikannya agar objek wisata Sumba Tengah semakin dikenal oleh dunia luar. 

“Dengan berlibur kita bisa menikmati keindahannya. Kita juga bisa jadi corong untuk mempromosikan pantai atau objek wisata itu sendiri agar dunia tau bahwa ada surga tersembunyi di Sumba Tengah. Yang pastinya akan jadi cerita yang menarik bagi anak cucu kelak, “ujarnya. 

Nindi menjelaskan, dengan memanfaatkan liburan maka kita bisa menghilangkan kejenuhan atau stress dalam bekerja. Selain itu, dengan berlibur ke pantai maka kita bisa mendapatkan asupan Vitamin D dan menguatkan kaki. Menurut Nindi, manfaat berlibur di pantai kita bisa mandi atau berenang di laut dan menikmati pemandangan yang indah dan secara langsung bisa membuat nafas lebih lega dan mampu meningkatkan kreatifitas. Senada dengan Nindi, Lidya Rambu Padji Malairu mengatakan dengan berenang di air laut, kita bisa mendapatkan mineral yang baik untuk tubuh serta bisa membuat tidur lebih nyenyak.

Sementara itu, Anggun Rambu Kawurung, mengemukakan, dengan berlibur bersama tim kerja bisa memberikan inspirasi dan pandangan baru. Dengan pergi berlibur ke tempat baru bisa membuat karyawan memiliki inspirasi dan pandangan yang baru, apalagi jika tempat tersebut benar-benar jauh dari rumah sehingga memberikan suasana yang sangat berbeda. 

Senada dengan itu, Maryasti Rambu Sabati, mengatakan, dengan berlibur bersama rekan kerja akan menjernihkan pikiran dan merasakan pengalaman baru. Sedangkan menurut Jacky Sarimin, dengan berlibur akan memberikan banyak manfaat, antara lain menambah produktivitas. Selain itu, juga dapat menambah semangat bekerja, memberikan kebahagian, dan memberikan kebugaran bagi tubuh. Bisa jadi juga dengan berlibur yang jomblo bisa menenukan jodoh. Rekannya Umbu Djoka, mengatakan, terlalu banyak bekerja juga tidak baik bagi kelangsungan hidup, makanya kita harus memanfaatkan hari libur sebaik mungkin. Dengan berlibur bisa meningkatkan kualitas perusahaan dan bisa memberikan kesehatan tersendiri bagi karyawan. 

Liburan bersama yang dilakukan oleh Tim YWKW Sumba Tengah ini ternyata sering dilakukan setiap tahun. Sebagaimana dikemukakan Thomas Praing, dalam beberapa tahun terakhir, seringkali YWKW melakukan tour atau liburan bersama ke sejumlah objek wisata. Tanpa disadari, menurut Thomas, liburan juga mampu meningkatkan kemampuan kerjasama dalam tim. Liburan akan membuat kita menjadi seseorang yang mengedepankan kerjasama tim, bukan individualis. Semangat dalam tim juga merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan kerja di setiap organisasi. 

Senada dengan sejumlah staf, Program Koordinator, Robby Desilfa Saunoah, dan Direktris YWKW, Farida Padu Leba, mengatakan, ada banyak manfaat dengan berlibur bersama karyawan. Selain kekompakan tim, juga bermanfaat bagi kesehatan dan kehidupan yang lebih baik. (Penulis: Silvester Nusa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *