Bupati Ende: Program listrik adalah prioritas pemerintah daerah

by -13 Views

ENDE, SUARAFLORES.CO—Bupati Kabupaten Ende, Ir. Marselinus Y.W Petu mengapresiasi kehadiran layanan listrik 24 jam di Kecamatan Pulau Ende. Menurutnya, program kelistrikan adalah program prioritas.

“Saya ucapkan terima kasih kepada PLN NTT yang telah melayani kebutuhan listrik bagi warga Pulau Ende. Listrik memang kebutuhan dasar yang menjadi program prioritas pemerintah daerah. Oleh Kehadiran listrik di Pulau Ende akan berdampak besar bagi peningkatan kesejahteran rakyat,” kata Marsel, akhir April 2016 lalu dalam acara Deklarasi Listrik Menyala 24 di Pulau Ende.

Marsel menegaskan bahwa ‎pencanangan listrik 24 jam di Kecamatan Pulau Ende merupakan salah satu upaya pengembangan pembangunan kelistrikan yang dilaksanakan oleh pemerintah bekerja sama dengan manajemen PLN Area FBB.

Program kelistrikan ini, kata Marsel, merupakan salah satu program prioritas pemerintah daerah selain jalan dan air minum bersih atau lebih dikenal dengan singkatan JAL (Jalan,Air dan Listrik).

Marsel berharap, masyarakat Pulau Ende khususnya pelanggan memanfaatkan secara baik listrik yang sudah nyala 24 jam untuk peningkatan usaha ekonomi rumah tangga.

“Gunakanlah listrik untuk kebutuhan yang produktif. Berbagai usaha dapat dikembangkan oleh masyarakat, misalnya nelayan bisa membuat es batu untuk mengawetkan ikan hasil tangkapannya.

Saat itu, Manajer PLN Sub Rayon Ndoriwoy, Satrio Patigolo Bethan, sebelum beroperasi 24 jam, PLN melakukan ujicoba nyala bertahap dari 12 jam menjadi 16 jam, 18 jam dan 19 jam mulai jam 17.00 hingga 13:00.

Dalam ujicoba 24 jam, dari daya mampu pembangkit sebesar 420 kilo watt (KW) terukur pelanggan listrik Pulau Ende sebesar 1.634 pelanggan mengkonsumsi listrik sebesar 110 KW pada siang hari dan 270 KW pada malam hari.

Rincian pelanggan terbanyak adalah segmen rumah tangga (RT) 1,591 pelanggan, Sosial 29 pelanggan, publik 10 pelanggan dan Bisnis sebanyak empat pelanggan. Menurut daya pelanggan sebanyak 1.409 pelanggan memakai daya 450 VA, 189 pelanggan 900 VA, 29 pelanggan 1300 VA, lima pelanggan 2200 VA dan masing-masing satu pelanggan memakai daya 3500 VA dan 16.500 VA.

Diberitakan sebelumnya, selama kurang lebih 32 tahun warga Pulau Ende, yang berada di seberang laut Kota Ende tidak menikmati listrik 24 jam. Kegundahan warga akhirnya terobati setelah PLN NTT mendeklarasikan listrik menyala 24 jam. (pb/bkr/sf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *