Cagub Honing Sanny Sambangi Titu Eki Diskusi NTT Bersih

by -16 Views

KUPANG – SUARAFLORES.CO—Calon gubernur NTT jalur perseorangan (independen), Ir, Honing Sanny mengunjungi kediaman Bupati Kupang, Ayoub Titu Eki. Honing dan Titu Eki berdiskusi tentang  NTT Bersih untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat.

“Ya saya dan Pak Titu Eki bertemu. Kami berdiskusi banyak tentang  pemerintahan dan pembangunan, terutama mewujudkan NTT bersih dari korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN),” kata Honing usai pertemuan, Minggu (8/5/16) malam di Kupang.

Dikatakan Honing, Titu Eki dalam diskusi dua jam lebih di kediamannya banyak bercerita tetang keberhasilannya membangun Kabupaten Kupang. Titu Eki juga mengungkapkan bagaimana ia mampu memenangkan Pilkada Bupati Kupang dan menjadi bupati dua periode.

“Dia sangat mendukung pembangunan NTT ke depan birokrat harus bersih. Jika birokrasnya bersih  (tidak korupsi), maka program pemerintah bagi rakyat bisa berjalan maksimal. Intinya, kami sepaham untuk mewujudkan gerakan membangun dengan semangat mewujudkan NTT bersih,” terangnya.

Sebagai politisi, lanjut Honing, dirinya mengaku harus banyak berdiskusi dengan menimba pengalaman dari pemimpin daerah yang berhasil dalam politik maupun dalam membangun  pemerintahan yang bersih.  Salah satu tokoh pemerintahan yang berhasil, kata Honing adalah Titu Eki.

“Kita harus membangun perkawanan dengan siapa saja, terutama tokoh-tokoh politik dan pemerintahan yang berhasil lolos menjadi bupati dua periode dan berhasil mewujudkan reformasi birokrasi. Perubahan hanya akan terjadi apabila pemimpinnya berani. Pemimpin yang berani adalah pemimpin yang bersih, karena dia bersih maka dia berani melakukn reformasi birokrasi dan mewujudkan birokrasi yang menciptakan pemerintahan bersih,” terangnya.

Titu Eki, kata Honing, adalah sosok seorang bupati yang sederhana, berani dan jujur. Meskipun Titu Eki maju dari jalur independen, tapi keberaniannya patut diapresiasi.

“Kita meski banyak belajar dari Titu Eki. Meski dia sering dianggap rendah dan remehkan oleh para seterunya, tapi Titu Eki sangat kuat didukung penuh oleh rakyatnya. Itulah hal yang luar biasa yang patut dicontohi,” katanya.

Disentil ada rencana untuk melamar Titu Eki menjadi calon wakil gubernur, Honing mengatakan, hal tersebut belum dibicarakan. Namun, bukan tidak mungkin kalau nanti dirinya satu paket dengan Titu Eki.

“Kami belum bicara soal Pilgub NTT. Belum ada kesepakatan. Kami hanya bicara tentang mewujudkan pemerintahan NTT bersih,” kata Honing diplomatis. (bkr/sf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *