Demo Pemda Rote Ndao, Warga Tuntut Ganti Rugi Tanah Ulayat

by -15 Views

BA’A, SUARAFLORES.NET,–Warga Boik bersama DPD Posko Perjuangan Rakyat (Pospera) NTT menggelar aksi demonstrasi menuntut pembayaran ganti rugi tanah ulayat untuk pembangunan Kantor Bupati Kabupaten Rote Ndao 18 tahun silam. Para demonstran pun mengancam akan menyegel kantor bupati jiga tidak dibayar uang mereka.

Koordinator aksi Ayub Boik, yang juga sebagai utusan keluarga, dalam orasinya mendesak Pemda ROte Ndao segera bertanggung jawab menyelesaikan kasus tanah mereka. Dia menuding Pemda Rote Ndao telah telah menipu keluarga Boik karena hingga saaat ini tidak membayar tanah mereka,” tegasnya, dalam aksi di depan Kantor Bupati Rote Ndao, Senin (21/1/2019) di tengah guyuran hujan.

“Rakyat butuh keadilan seperti tercantum dalam Pancasila Sila ke-5 yaitu Keadilan Sosial bagi seluruh Rakyat Indonesia. Warga pemilik lahan dari kaum petani. Jadi kami minta Pemda jangan menipu dengan mengambil tanah kami tanpa persetujuan rumpun keluarga Boik. Kami sebagai ahli waris menuntut agar Pemda segera membayar hak kami. Jika tidak melakukan pembayaran, maka kami akan menyegel kantor bupati, “tegas . , Ayub dalam rilisnya yang diterima media ini, Senin (21/1) malam.

Sedangkan, Ketua DPD Pospera NTT, Yanto Lili, menegaskan, sengketa tanah ulayat harusnya sudah diselesaikan Pemda Rote Ndao jauh-jauh hari. Sayangnya, pemda terkesan lamban dan tak perduli dengan hak rakyat.

“Tugas negara adalah menyelesaikan masalah rakyat bukan mempersulit rakyat. seperti yang sudah diteladankan oleh Presiden kita Joko Widodo, Dimana, ia telah memberikan sertifikat tanah kepada rakyat. Harusnya bupati mencontohi sosok Jokowi yang memperhatikan rakyatnya, bukan mengabaikan hak rakyat,” tegasnya.

Perlu diketahui bahwa keluarga Boik turun ke jalan untuk menuntut ganti rugi tanah ulayat yang sudah 18 tahun lamanya belum ada solusi dari PEMDA Kab. Rote Ndao. Pihak keluarga menyesali tindakan Pemda yang lamban dan seolah acuh tak acuh dengan kasus ini.

Hingga berita ini diturunkan, Bupati Rote Ndao dan Ketua DPRD Rote Ndao belum dapat dikonfirmasi. (bkr/sfn) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *