Dorothea Dhone Kedepankan Integritas, Kualitas dan Konsistensi

by -1 Views
Suara Flores

NGADA, SUARAFLORES.NET- Bursa Pemilu Legislative Tahun 2019 telah dibuka, didahului dengan fase pendaftaran syarat calon dan pencalonan melalui Partai Politik kepada Lembaga Komisi Pemilihan Umum mulai tingkat pusat hingga daerah-daerah secara serentak. Pemenuhan minimal quota 30% Perwakian Kaum Perempuan menjadi perhatian serius setiap Partai Politik untuk bertarung pada pentas Pilcaleg Tahun 2019.

Ketua KPUD Ngada, Stanislaus Neke kepada Wartawan, (24/7/2018) di Kabupaten Ngada Pulau Flores memastikan bahwa dari dua belas Partai Politik yang sudah dinyatakan resmi lolos mengikuti pesta Demokrasi Pemilu Legislative di Kabupaten Ngada, diantaranya PDIP, Gerindra, Perindo, PAN, Golkar, PKB, Hanura, Nasdem, Demokrat, PSI, PKS dan Garuda. Terkait pemenuhan quota perwakilan perempuan, semuanya sudah sesuai syarat ketentuan yang berlaku.

Dihimpun media ini di Bajawa, keterwakilan kaum perempuan dalam Pemilu, menurut Ketua KPUD Ngada, Stanislaus Neke, sangat diharapkan merepresentasikan harapan kualitas perwakilan yang ditunjang dengan  berbagai variabel positif lainnya demi mengisi kebutuhan pembangunan bangsa dan negara serta daerah-daerah di masa mendatang.

Baca juga: Dukung Jokowi Dua Periode, Relawan Rekomendasi Nama Cawapres Ideal

Salah satu kader perempuan asal Kabupaten Ngada, Dorothea Dhone, (24/7/ 2018) kepada media ini menegaskan, bersama tuntutan perubahan dan kebutuhan penguatan kualitas perwakilan pengawasan pro rakyat, kehadiran perempuan dalam Pemilu, pertama dapat dilihat sebagai energy positif untuk kerja-kerja penguatan mutu chek and balance di berbagai tingkatan Lembaga Dewan Perwakilan Rakyat. Berikutnya, kata dia, mutu, integritas dan konsistensi merupakan tiga kerangka kunci bagi perwakilan perempuan dalam pemilu.

“Dari perjalanan yang saya petik sebagai Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, menurut saya ada tiga poin mendasar dalam pemetaan kebutuhan perwakilan untuk dicermati, yakni Kualitas, Integritas dan Konsistensi Perjuangan Reformasi. Ketiga hal ini bisa menjadi modal yang baik untuk menjalankan tugas-tugas perwakilan sebagaimana diharapkan masyarakat, bangsa dan negara ini”, ungkap Dorothea Dhone menanggapi harapan besar terhadap perwakilan kaum perempuan saat ditemui di kediamannya di Kecamatan Golewa, Desa Ekoroka Kabupaten Ngada.

Dorothea yang kini menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD I Ngada dan kembali maju bertarung sebagai Caleg Nomor Urut 1 Partai Nasdem, Daerah Pemilihan Golewa Raya Kabupaten Ngada, menegaskan kebutuhun Perwakilan Kaum Perempuan di Parlemen yakni dengan mengedepankan tiga tuntutan minimum guna menunjang kapasitas Dewan Perwakilan Rakyat untuk masyarakat. (arel/sfn).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *