Forum Anak Sumba Tengah Promosi Pemenuhan Hak Anak

by -21 Views

WAIBAKUL, SUARAFLORES.NET,- Forum Anak Kabupaten Sumba Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Timur, mempromosikan pentingya pemerintah dan semua pihak untuk memenuhi hak anak. Hak anak dimaksud adalah hak untuk hidup, hak tumbuh kembang, hak mendapatkan perlindungan dan hak berpartisipasi dalam pembangunan.

Promosi pemenuhan hak anak ini dilakukan para Pengurus Forum Anak Kabupaten Sumba Tengah saat mengikuti kegiatan karnaval memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-74 di Anakalang, ibukota Kabupaten Sumba Tengah pada Kamis (22/8). Dalam karnaval ini sebanyak 25 orang anak yang terdiri dari para pengurus dan anggota Forum Anak Kabupaten Sumba Tengah. Para Pengurus Forum Anak yang hadir dalam karnaval ini terdiri dari Ketua Ansine Krisnawati R.Loba, Wakil Ketua Yubi Hiwa Wunu dan Gilland Restu Aditya Lapinangga. Sekretaris Rexadana P.Susilo dan Yosef Mario U.Besi. Bendahara Julisandri T.P.Pulupina. Sementara itu pengurus bidang terdiri dari Ketua Bidang Pemantau Hak dan Kewajiban Anak Addellidya R.D.Ngana dengan anggotanya Fransiskus A.U.S.Poti dan Tita Rambu Leki Atarabu.

Ketua Bidang Kerja Sama Antar Lembaga Irda Rambu Padu Leba dengan anggotanya Umbu Raing M.Limu, Aghuta R.W.Lodang dan Alfrido U.D.Arung. Ketua Bidang Penyampaian Pandangan dan Aspirasi Anak Oliva A.R.Rauna Bela dengan anggotanya terdiri dari Aprilia R.J.Pedi dan Anasti R.Kaita Kaha. Ketua Bidang Pengembangan dan Pemanfaatan Teknologi Informasi Fransiskus K.V.Juka dengan anggotanya terdiri dari Marsenja Dapa Moni, Jonah Aditya Landa dan Maria Yunita G.Dawa. Ketua Bidang Pelestarian Budaya dan Karakter Bangsa Andika Madanggu dengan anggotanya Nadine R.B.T, Jeane F.R.D.Pedjaga, Oelprit U.Labi. Ketua Bidang Advokasi Pemenuhan Hak Anak Rachel Rambu Sedu Oyi dengan anggotanya Dwinson U.T.Gauka dan Jeremy Z.Kouse.

Saat karnaval ini berlangsung, Forum Anak Kabupaten Sumba Tengah didampingi oleh Penasehat Forum Anak yang juga Direktris Yayasan Wahana Komunikasi Wanita (YWKW), Farida Padu Leba dan stafnya Thomas Praing.

Ketua Forum Anak Kabupaten Sumba Tengah, Ansine Krisnawati R.Loba, menjelaskan, keberadaan forum anak sebagai wadah atau media komunikasi anak-anak. melalui wadah ini, anak-anak bisa mengembangkan potensi dan kemampuannya di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, seni dan budaya serta aneka bakat yang dimiliki anak-anak. Untuk itu, di moment karnaval hari kemerdekaan ini, pihaknya mau menunjukan kepada semua pihak baik pemerintah daerah dan masyarakat bahwa saat ini Forum Anak telah terbentuk di Sumba Tengah. Ansine berharap agar melalui karnaval ini, semua pihak memberikan kepedulian terhadap pemenuhan hak anak agar anak Sumba Tengah bisa lebih sehat, bisa tumbuh dan berkembang serta mendapat perlindungan dari segala bentuk kekerasan anak. (bkr/SFN).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *