FP2D bersama Panwaslu Manggarai Komit Suskeskan Pilkada Serentak 2018

by -22 Views
Suara Flores

RUTENG, SUARAFLORES.NET–Forum Pemuda Peduli Demokrasi (FP2D) bersama Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Manggarai, berkomitmen menyukseskan pelaksanaan pilkada serentak pemilihan gubernur dan wakil gubernur provinsi NTT, 27 Juni 2018 mendatang.

Hal tersebut disampaikan Ketua FP2D Dionisius Upartus Agat, saat mengikuti kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif dalam rangka pemilihan gubernur dan wakil gubernur provinsi NTT yang digelar Panwaslu Kabupaten Manggarai.

Patris menjelaskan pelaksanaan pilkada serentak 2018 akan berjalan lancar, apabila semua elemen masyarakat berpartisipasi aktif. Ia bersama rekan-rekan forum siap bergandengan tangan bersama Panwaslu untuk ikut mengawasi demi kelancaran pelaksanaan pilkada serentak di Kabupaten Manggarai.

“Dalam waktu dekat, kami akan mendaftarkan diri di KPUD Kabupaten Manggarai untuk mendapatkan legalitas sebagai lembaga pemantau dengan tujuan bersama penyelenggara menyukseskan pelaksanaan hajatan demokrasi di Kabupaten Manggarai“, jelas Patris

Ketua Panwaslu Kabupaten Manggarai, Marselina Lorensia dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi yang intens dilaksanakan sengaja digagas untuk mengajak masyarakat ikut terlibat dan berpartisipasi menyukseskan pilkada serentak.

Baca juga: Monitor dan Evaluasi KPK di Ende Melibatkan Bank Penyimpanan Uang Daerah

Marselina juga menjelaskan beberapa persoalan yang rentan dan sedang dihadapi Panwaslu Kabupaten Manggarai seperti adanya temuan pelanggaran yang dilakukan pasangan calon (paslon) dan tim sukses, keterlibatan aparat sipil negara (ASN) dan data pemilih sementara (DPS) yang masih belum rapih.

“Panwaslu memiliki tugas yang cukup berat dalam melakukan pengawasan pemilu mendatang. Partisipasi dan keterlibatan semua masyarakat akan sangat membantu, karena tanpa bantuan informasi dari masyarakat akan sangat mustahil bagi kami melakukan pengawasan diseluruh daerah di Manggarai. Dengan segala keterbatasan yang dimiliki dan dukungan dari masyarakat, panwaslu Kabupaten Manggarai akan bekerja keras menyukseskan pelaksanaan pilkada serentak tahun 2018”, tutup Marselina

Kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif yang dilaksanakan di aula Efata (Ruteng, 28 Maret 2018) menghadirkan narasumber KPUD Kabupaten Manggarai, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dan Panwaslu Kabupaten Manggarai juga diikuti oleh segenap elemen maasyarakat seperti tim pemenangan paslon gubernur dan wakil gubernur NTT, lurah, tokoh masyarakat, jurnalis dan organisasi kepemudaaan. (pas).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *