Gen Hijau Selamatkan Lingkungan Hidup Sumba Tengah

by -4 Views
Warga bersama Komunitas Gen Hijau ketika mengikuti kegiatan sosialisasi Pemilu 2019 dari KPUD Sumba Tengah.

ANAKALANG,SUARAFLORES.NET,–GENERASI muda Kabupaten Sumba Tengah memiliki cara tersendiri untuk melestarikan lingkungan hidup. Untuk menyelamatkan lingkungan, kaum muda Sumba Tengah bersatu dalam satu Komunitas yang disebut dengan Gen Hijau. Komunitas ini pun dideklarasikan pada 5 November 2015 silam. Sejak saat itu, mereka giat dalam berbagai kegiatan edukasi di sekolah-sekolah dan lingkungan masyarakat. Gen Hijau mengajak semua komponen masyarakat untuk terlibat aktif menjaga kebersihan lingkungan, menanam pohon dan berbagai kegiatan lainnya. 

Ketua Komunitas Gen Hijau Sumba Tengah, Simon Sabawali,S.IP, menyatakan, berbagai kegiatan yang sudah dilakukan diantaranya adalah melakukan konservasi, menanam pohon dan edukasi lingkungan di setiap sekolah dalam bentuk green school dan komunitas masyarakat. Ada 3 aspek yang dikerjakan Gen Hijau yakni lingkungan hidup dan kehutanan, pariwisata dan ekonomi, serta melakukan advokasi desa untuk memanfaatkan anggaran dana desa bagi penyelamatan lingkungan hidup. 

Sebagaimana diketahui, Gen Hijau didirikan di Sumba Tengah dengan cita-cita melestarikan lingkungan hidup menuju Sumba Tengah yang lebih baik. Sejak berdiri, komunitas Gen Hijau ini telah banyak membantu pemerintah daerah dengan melakukan berbagai kegiatan di bidang lingkungan hidup. 

Gen Hijau melakukan kampanye menjaga kelestarian hutan dengan tidak membuang sampah di hutan.

Gen Hijau adalah komunitas peduli lingkungan dengan gerakannya melakukan kampanye untuk menyelamatkan lingkungan hdup dan kegiatan-kegiatan konservasi lingkungan. Salah seorang Pemuda Sumba Tengah yang bergabung dalam Komunitas Gen Hijau, Boy Umbu Bira, mengemukakan, keberadaan Gen Hijau sangat strategis untuk memberikan Pendidikan kepada masyarakat terkait pentingnya pelestarian lingkungan serta menyadarkan masyarakat untuk menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah di sembarang tempat. (Sil Nusa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *