Generasi Solor Barat Bertekad Meraih Dunia Melalui Taman Baca Tawa Gera

by -14 Views
Suara Flores

SUARAFLORES.NET-Gerakan Literasi adalah sebuah upaya menyeluruh yang melibatkan semua warga masyarakat di Indonesia untuk menyadarkan masyarakat akan pentinganya budaya membaca. Sisi lain untuk menumbuhkan kembangkan kesadaran masyarakat akan pentingnya ilmu pengetahuan.

Venny Hobamatan, salah seorang perempuan asal Solor bertekad untuk membangkitkan kesadaran masyarakat sebagai generasi penerus bangsa. Menurutnya kesadaran akan pentingnya ilmu pengetahuan dan upaya peningkatan wawasan serta pengetahuan masyarakat harus mulai dilakukan oleh kaum muda era ini. Kaum muda menjadi sebagai generasi penerus akan mampu meraih dunia apabila dibekali dengan pengetahuan yang lebih selain di bangku sekolah.

Mencermati hal ini, terbesit niat di benak Venny Hobamatan untuk membangun kerjasama dengan pemerintah desa setempat. Ia mendirikan taman baca masyarakat yang diberi nama Taman Bacaan Masyarakat “Tawa Gere“ di Desa Nusadani, Kecamatan Solor Barat, Kabupaten Flores Timur.

Ia mengatakan bahwa minat dan kebutuhan masyarakat untuk gemar membaca memerlukan perhatian serius dari segala lapisan masyarakat. Pemerintah, aktor pendidikan dan dari pihak yang sadar dan peduli akan arti pentingnya membaca. Bahwa membaca bukan hanya sebagai hobi, tetapi juga pemutus rantai kemiskinan, kebodohan dan ketidakpedulian sosial.

Ia mengatakan berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan di Taman Baca ini, antara lain mengundang siswa – siswi dari tingkat SD Sampai dengan SMA turut serta dan ambil bagian dalam Literasi di Taman Bacaan Masyarakat “Tawa Gere“. Tak hanya kalangan pelajar tetapi masyarakat umum pun ikut terlibat dalam mencari berbagai informasi yang ingin didapatkan dari membaca. Salah satu diantaranya hari ini, Minggu (10/12/2017 diadakan membaca bersama untuk semua kalangan setelah selesai ibadah di Gereja.

Para pelajar dan anak – anak sangat antusias dalam kegiatan ini. Ada yang membaca, ada pula belajar berhitung dibawah bimbingan Venny Hobamatan.

Kepada Suara Flores, ia mengharapkan partisipasi dan campur tangan berbagai pihak untuk membantu dalam berbagai jenis buku uuntuk para pelajar dan masyarakat di Solor Barat melalui Taman Baca Tawa Gera. Intervensi banyak pihak dapat membantu generasi penerus Solor Barat, Kabupaten Flores Timur untuk menjadi generasi yang kreatif dan dapat bersaing di era digital ini.

“Saya mengharapkan keterlibatan banyak pihak untuk pengembangan Taman Baca Tawa Gera. Kami belum memiliki banyak buku sebagai refrensi bagi para pelajar dan masyarakat. Bahwa pembangunan manusia Indonesia yang hebat di era kepemimpinan Jokowi akan menjadi lebih hebat apabila kita dapat memaknai budaya gotong royong sebagaimana telah dikampanyekan para pendahulu bangsa ini. Begitu pun harapan kami bahwa budaya gotong royong untuk pengembangan Taman Baca ini menjadi perhatian semua pihak. Kami akan terus berjuang demi putra putri Solor Barat yang maju dan hebat. Kiranya cita-cita kami dapat tercapat untuk meraih dunia” ungkapnya. (sfn03).