Gunakan Kamus, Cara Guru Tenun Ikat Ende Ajar WNA Italia tentang Tenun Ikat

by -18 Views
Suara Flores

ENDE, SUARAFLORES.NET – Theresia Ngeni, guru tenun ikat yang memberikan pengetahuan kepada WNA Italia Annalisa Lombardo. Ia mengaku sangat bahagia dapat memberikan pengetahuan kepada Anna yang datang dan belajar Tenun Ikat Flores di kelompok Kapokale Kecamatan Ndona Kabupaten Ende.

Theresia, perempuan yang sudah berambut uban ini merasa kesulitan. Ia tak bisa bicara dalam bahasa inggris.

“Saya benar-benar kesulitan berbahasa inggris. Saya tidak tahu bagaimana caranya. Saya temukan bantuannya yaitu menggunakan kamus bahasa inggris,” kisah Theresia.

Kepada SuaraFlores.Net, Theresia memuji Anna. Ia orang yang hebat karena mau datang dari  jauh untuk belajar di daerah terpencil. Daerah yang masih jauh dari arus pembangunan teknologi yang begitu maju seperti di negaranya.

Baca juga: Rela Tinggalkan Italia, Anna Belajar Proses Pembuatan Tenun Ikat di Ende

“Saya bahagia sekali, bisa menerima dia dan beri dia pengetahuan tentang proses pembuatan tenun ikat Lio Ende. Sudah dua Minggu Anna bersama saya. Anna datang untuk belajar menenun. Ini sebuah sejarah dan pembelajaran yang sangat berharga bagi kelompok tenun ikat Kapokale,” ujar Theresia.

Theresia kembali mengingat bahwa kehadiran Anna melalui bantuan Apien yang menginformasikan bahwa Anna akan kunjungi kelompok Kapokale dan belajar menenun. Theresia bersama teman-teman sangat senang hati menerima tawaran itu.

“Saya sampaikan permohonan maaf berulangkali. Saya sampaikan tentang kekurangan kami. Syukurlah Anna tidak mempersoalkan itu. Anna memang ingin merasakan suasana di desa. Syukur juga Anna dapat berbahasa Indonesia walau belum terlalu lincah. Setiap hari saya memberikan petunjuk cara bertenun. Selama tiga jam Anna harus memulai sendiri, bila salah saya membantu untuk memperbaiki,” ujar Mama Theresia.

“Harapan saya, setelah belajar Anna bisa melakukan di daerahnya dan membuka akses ke Italia  untuk produk tenun ikat Manulondo bisa dipasarkan di sana,” harapnya. (frumen).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *