HUT Basarnas ke 47, Moment Refleksi Wujudkan Perubahan Pelayanan SAR

by -21 Views
Suara Flores

SUARAFLORES.NET – Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan atau popular dengan  nama Basarnas merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 47, Kamis (28/2/3019). Menyambut hari istimewa ini, pihak SAR Maumere menggelar upacara memperingati HUT Basarnas ke 47 di halaman Kantor SAR Maumere, Kelurahan Wolomarang, Kecamatan Alok, Kabupaten Sikka. Bagi Basarnas, HUT ke 47 ini menjadi media refleksi wujudkan pelayanan SAR yang cepat dan prima di tengah masyarakat.

Disaksikan SuaraFlores.Net, Upacara HUT ke 47 yang berlangsung kurang lebih pukul 08:00 Wita ini dihadiri oleh Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo dan segenap Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Kabupaten Sikka. Acara ini mengangkat tema; “Dengan Sinergitas dan Soliditas, Basarnas Bersama Potensi SAR Bertekad Mewujudkan Pelayanan SAR Yang Cepat dan Prima”.

Kepala Kantor SAR Maumere, I Putu Sudayana, SE, M.A.P dalam membacakan sambutan Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan, Bagus Puruhito, S.E, M.M mengatakan bahwa Basarnas saat ini telah menjadi institusi pemerintah yang berkompeten di Bidang Pencarian, Pertolongan Penyelamatan dan Evakuasi pada Kecelakaan, Bencana maupun Kondisi Membahayakan Manusia. Tugas mulia ini tertuang dalam amanah UU Nomor 29 tahun 2014 tentang Pencarian dan Pertolongan.

Dedisakasi dan kerjasama dalam bingkai misi kemanusian membuat Basarnas menjadi lembaga yang legitimate membuat lembaga ini dicintai dan dikenal masyarakat, tidak hanya, tidak hanya di tanah air tetapi juga dunia internasional. Boleh dibilang bahwa reputasi lembaga ini sudah sedemikian hebat dan tidak boleh surut dari waktu ke waktu berdasarkan visi misi yang telah ditetapkan dalam rencana strategis Basarnas.

Baca juga: Viktory-Joss Bangkit, “Aksi Sapu Gudang”, Tak Boleh Balas Dendam

Baca juga: NU Berkontribusi Besar Dalam Merawat Keutuhan Negara

Putu Sudayana mengatakan bahwa dalam melaksanakan tugas, Basarnas tidak dapat bekerja sendirian. Operasi SAR adalah kerja tim. Karena itu, sebagai Leading Sector, Basarnas berkoordinasi dengan semua pihak yakni TNI, Polri, Instansi Pemerintah Swasta maupun segenap stakeholder di tingkat pusat dan daerah.

“Tentu ini menjadi moment refleksi bersama dalam mewujudkan perubahan dalam pelayanan SAR yang cepat dan prima. Bahwa, musibah memiliki sifat unpredicatable. Musibah bisa terjadi di mana saja, kapan saja yang dapat menimpa siapa saja. Basarnas dan segenap potensi yang ada tentu senantiasa meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam memberikan pelayanan SAR kepada masyarakat. Selama ini, sinergitas dan soliditas antara Basarnas dan potensi Sar menjadi kunci keberhasilan operasi SAR yang tidak dapat kita prediksi,” ujarnya.

Ia mengatakan bahwa banyak yang sudah dikerjakan Basarnas bersama potensi SAR sejauh ini menjadi kebanggaan bersama, namun harus tetap rendah hati hadapi semua hal. “Kami terus berbenah melalui evaluasi untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan yang terjadi,” ujarnya.

Ke depan, kata dia, perlu adanya perhatian serius terhadap beberapa aspek yakni aspek kapabilitas, aspek SDM, aspek peralatan, sarana prasarana, informasi dan teknologi. Bukan hanya itu, aspek administrasi pun menjadi bagian penting.

“Bersamaan dengan momentum Hari Ulang Tahun ini ke-47 ini, Basarnas telah mencanangkan tahun 2019 sebagai tahun reformasi birokrasi di lingkungan Basarnas. Semoga ini menjadi tonggak perubahan positif di internal maupun eksternal Basarnas,” tambahnya.

Baca juga: Caleg PKB Ajak Rakyat Sikka Tetap Memilih Jokowi

Baca juga: 2019, Masyarakat Wuring Ingin Ganti Presiden

Ia menambahkan bahwa Basarnas menyadari bahwa tantangan Tim SAR begitu kompleks. Ekalasi maupun kuantitas kecelakaan, bencana dan kondisi membahayakan manusia merupakan kosekuensi logis dari kondisi geografis, geologis, hidrografis serta culture masyarakat.  

“Kami mengajak seluruh komponen masyarakat untuk membangun budaya gotong royong. Gotong royong dalam menghadapi jatuhnya korban saat terjadi musibah sehingga dapat diminimalisir secara bersama-sama. Mari kita siap dan siaga saat tugas secara bersama-sama,” ujarnya.

Pantauan SuaraFlores.Net, selain upacara tersebut, perayaan HUT Basarnas ke 47 ini juga ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo, tiup liling ulang tahun oleh Kepala Kantor SAR Maumere di dampingi Ketua DWP UP Kantor SAR Maumere dan dilanjutkan dengan ramah tamah bersama.

Sebelumnya, menyambut HUT Basarnas ke 47 ini, pihak SAR Maumere menyelenggarakan berbagai kegiatan yakni perlombaan futsal yang berlangsung tanggal 22 sampai dengan tanggal 23 Februari 2019. Lomba futsal ini diikuti oleh 10 tim yakni Polres Sikka, Lanal Maumere, Kodim Sikka, BPBD Sikka, Bandara Frans Seda, Dinas Perhubungan, PT. Pelindo, KSOP Lorens Say, Tagana dan Basarnas Maumere.

Pada tanggal 24 Februari dilaksanakan kegiatan Anjangsana ke Panti Asuhan. Tanggal 25 Februari dilaksankan pertandingan olahraga internal Kantor SAR Maumere. Tanggal 26 Februari dilaksanakan donor darah yang diikuti oleh seluruh potensi SAR (TNI/Polri), instansi pemerintah dan pihak swasta lainnya. (sfn02).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *