IKMJ Terus Merajut Persaudaraan dan Cinta Kasih di HUT Ke-2

by -1 Views
Hut Ke-2 IKMJ ditantai dengan acara pemotongan kue ulang tahun.Tampak dua pasangan muda sedang menggigit kue.

TANGGERANG, -SUARAFLORES.NET,–Arena Sasando Boxing Camp Sabtu (16/7/2019) malam terlihat ramai. Kendaraan roda dua dan roda empat memadati arena latihan tinju putra-putra NTT itu. Pemuda dan pemudi NTT Diaspora dari Malaka tampak duduk diam memenuhi kursi-kursi sambil berdoa. Rupanya mereka bersyukur atas karunia Tuhan mereka bisa bersama mendirikan Ikatan Keluarga Malaka Jakarta (IKMJ) yang bermarkas di Kota Tangerang, Provinsi Banten.

Kurang lebih 200-an pemuda-pemudi Malaka, para sesepuh dan undangan hadir meramaikan HUT ke-2 IKMJ yang berlangsung dalam suasana kekeluagaan yang sangat sederhana dibawa naungan tenda kecil. Acara sederhana itu, kian meriah saat panitia acara memberikan piala dan piagam penghargaan terhadap para klub Futzal yang meraih juara dalam pertandingan Futzal antar kecamatan yang digelar beberapa hari lalu. Lebih meriah lagi, saat sang pembawa acara acara mulai memandu acara pemotongan kue ulang tahun yang kemudian dilanjutkan dengan saling menyuap kue tersebut. Gelak tawa pun riuh terdengar di dalam tenda itu penuh kegembiraan.

Ketua IKMJ, Mundus Klau dalam sambutannya, menyampaikan terimakasih kepada para sesepuh, pendiri, pengurus, anggota serta seluruh perwakilan IKB yang hadir dan telah menyukseskan acara HUT ke-2 ini. Dia menerangkan, ulang tahun adalah momentuk refleksi dan momentum untuk terus berbenah diri melihat masa depan. IKMJ, kata Klau, sejak kepemimpinannya telah melakukan berbagai hal, di antaranya, kegiatan rohani, melakukan kegiatan sosial, olah raga, kegiatan sanggar seni budaya Malaka hingga tampil dalam pentas seni di berbagai iven kementerian.

“Semua kegiatan ini terlaksana berkat kebersamaan kita. Oleh karena itu, kita harus tetap bersama-sama, baik dalam suka maupun dalam duka untuk terus melakukan perubahan. Dengan kebersamaan kita bisa berbuat banyak hal, baik untuk IKMJ maupun untuk Tana Malaka. Mari kita terus meningkatkan persatuan dan persaudaraan dalam kebersamaan dengan semangat cinta kasih yang tidak boleh pupus,” ajak Mundus Klau penuh semangat.

Kepala Badan Penghubung NTT, Viktor Manek, Sos.M.Si, hadir dalam acara syukuran tersebut. Dalam sambutannya, mengingatkan kembali akan pentingnya ideologi Pancasila yang berasal dari bumi Flores, NTT. Dia meminta semangat Pancasila harus tetap dipertahankan dalam kehidupan bersama di tengah perbedaan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Selanjutnya, dia mengatakan ada dua perspektif  historis tentang Malaka, pertama ‘Malakan’ yang berarti menjadi yang pertama atau yang awal. Artinya kata dia, semua orang Malaka yang ada di Jakarta harus berbuat yang pertama bagi kebaikan bersama bagi yang lain. Kedua ‘Malaka’ yang berarti menyalakan. Artinya, harus menyalakan semangat, kebersamaan, spirit persatuan, persaudaraan yang saling bahu membahu dalam berbagai situasi dan kondisi.

Mantan Kepala Biro Pemerintahan Pemprov NTT ini, berharap, di HUT ke-2 ini, orang Malaka harus terus bangkit berjuang bersama membangun Malaka, baik di tanah rantu maupun di Kabupaten Malaka yang merupakan daerah otonomi baru yang baru membangun.

“Kita harus menjadi yang pertama dalam menyalakan semangat, spirit untuk membangun Malaka. Kita harus saling membantu, saling mendorong, dan saling memberi diri untuk saudara-saudara kita di Malaka,” kata Viktor Manek sambil menambahkan bahwa atas nama Pemerintah NTT, mengucapkan selamat kepada IKMJ yang merayakan HUT ke-2, semoga selalu sukses selalu dalam perjuangan bersama ke depan. (bkr/sfn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *