Kapal Asing Timor Leste Lombok Alami Mesin Mati di Flotim

by -21 Views
Suara Flores

SUARAFLORES.NET – Kapal Joseste (Yacht) ukuran 14 GT yang berangkat dari Timor Leste Menuju Lombok NTB, terdampar di Larantuka Kabupaten Flores Timur. Kapal milik Australia tersebut kemudian diketahui mengalami gangguan mesin di koordinat 7°52′ 36″ S – 122° 39′ 12″ E. Berkat bantuan Tim Gabungan, yakni SAR Maumere dan Postmal TNI-AL Flotim, kapal dan keseluhan ABK berhasil dievakuasi dalam kondisi selamat. Tim menggunakan sebuah KMN Bahtera Prungkap 26 GT sebagai media untuk evakuasi kapal asing tersebut.

Tim SAR Maumere (24/1/2019) kepada SuaraFlores.Net menjelaskan, bahwa pada Rabu 23 Januari 2019 kurang lebih pukul 18.25 Wita, Danposmat mendapat informasi via telepon dari Kakansar Maumere atas nama Putu Sudayana terkait kapal Joyeste (Yacrht) yang ditumpangi empat WNA itu telah di temukan dan di tonda oleh KMV Santa Vista, namun KMV Santa Vista hanya bisa menonda Kapal Joyeste (Yacrht) menuju selat kabupaten Flotim (Larantuka).

Pukul 18.35 Wita, Danposmat berkodinasi dengan Setda Flotim, Paulus Igo dan KUPP kelas II Larantuka Udin, untuk membantu mengevakuasi kapal Joyeste (Yacrht) di tonda ke Pelabuhan besar Flotim.

Pada pukul 18.40 Wita, Danposmat berkordinasi dengan para Nelayan yang memiliki kapal ukuran GT besar untuk membantu menonda kapal dari mulut selat Kabupaten Flotim.

Pukul 18.55 Wita, Danposmat mengecek kesiapan KMN Mina Maritim 40 GT yang akan di gunakan untuk mengevakuasi, namun pada saat mesin di nyalakan KMN Mina Maritim 40 GT mengalami trauble di kemudi, kemudian Danpostmat mencari Kapal pengganti.

Baca juga: Jokowi UCapkan Selamat Ulang Tahun pada Megawati, Sehat dan Bahagia

Baca juga: Rakyat Adonara Bersama 250 Relawan Berani Mat Bela Jokowi-Amine

Pukul 18.15 Wita, Danposmat menghubungi Capt KMN Bahtera Prungkab 26 GT, setelah di cek kapal dalam kondisi baik dan siap jalan, kemudian Danposmat menunggu tim dari SAR Maumere di pelabuhan besar Flotim.

Pukul 22.30 Wita, Tim Gabungan berdoa bersama dan berangkat menuju titik evakuasi di kordinat 08°15’43,70″S – 123°3’1,69″E untuk menjemput Kapal Joyeste ( Yacrht ) dari Selat Kabupaten Flotim, di tonda menuju pelabuhan besar Kabupaten Flotim.

Kamis 24 Januari 2019, pukul 02.20 Wita KMN Bahtera Prungkab 26 GT dan kapal Joyeste (Yacrht) tiba dan sandar di pelabuhan besar Flotim dan keseluruhan ABK dalam keadaan selamat. Adapun empat WNA tersebut, yakni Brian Reading (52), Joana Reading (47), Miles Realing (13), Flynn Reading (9).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *