Kartu Sikka Sehat, Solusi Jitu Paket ROMA Jawab Keluhan Masyarakat (Bagian I)

by -7 Views
Suara Flores

MAUMERE, SUARAFLORES.NET—Bila anda masyarakat Kabupaten Sikka, tentu tahu bahwa masih banyak keluhkan tentang pelayanan kesehatan. Kerja keras pemerintah diketahui belum menyentuh seluruh masyarakat. Masih banyak warga belum memiliki Kartu Indonesia Sehat (KIS) sehingga kesulitan ketika jatuh sakit atau masuk rumah sakit.

Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) memang kebijakan pemerintah era ini, menjawab keluhan masyarakat yang belum memiliki KIS. Fakta tersebut dilakukan pemerintah daerah dengan tujuan meringankan biaya perawatan dan biaya obat selama berada di rumah sakit. Di sisi lain, pemerintah terus melakukan pendataan atau melakukan validasi data untuk mengakomodir masyarakat tidak mampu melalui Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang dibiaya pemerintah daerah.

Hasil rekaman Suaraflores.net bahwa kondisi itu belum dirasakan secara adil dan merata oleh masyarakat. Banyak  penduduk belum menjadi peserta BPJS Kesehatan melalui PBI mengaku masih kesulitan ketika masuk rumh sakit, bahkan mereka harus mondar-mandir mencari uang untuk biaya perawatan.

Calon Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo dan Calon Wakil Bupati Sikka, Romanus Woga (Paket Roma) telah menghimpun sejumlah masalah ini di 525 titik. Cukup banyak masyarakat yang belum memiliki KIS.

Masyarakat juga mengaku bahwa kesulitan mengurus SKTM karena harus berhubungan dengan pemerintahan desa dan kecamatan ketika harus menunjukan SKTM kepada petugas medis. Jarak, biaya transportasi, buruknya jaringan telekomunikasi menghadang mereka. Padahal kondisi keluarga (pasien,red) harus mendapat pertolongan cepat. Bahwa pemerintah mewajibkan agar masyarakat yang belum memiliki KIS untuk mengurus SKTM supaya bisa dilayani.

Baca juga: Paket ROMA Jalan Baru Menuju Sikka Maju dan Hebat

Baca juga: Maju Cawabup Sikka, Romanus: Wajah Baru Berarti Pengkaderannya Berjalan

Calon Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo yang akrab disapah Robi Idong mengatakan bahwa Kartu Sikka Sehat (KSS) menjadi solusi jitu, menjawabi keluhan masyarakat. KSS menjadi pengganti SKTM dan lebih memudahkan masyarakat ketika jatuh sakit.

Masyarakat, lanjut Robi Idong, tidak perlu lagi mengurus SKTM tapi cukup memiliki KSS yang siapkan Pemerintahan Roma setelah dilantik, jika seluruh masyarakat sehati atau menghendaki pelayanan kesehatan yang cepat dan tepat.

Robi Idong menjelaskan bahwa KSS menjadi salah satu keunggulan yang disiapkan Roma untuk memenuhi hak masyarakat atas kesehatan melalui pelayanan kesehatan yang maksimal dan bermutu. KSS menjadi solusi jitu, mempermudah rakyat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan yang cepat dan tepat.

Kelebihan Kartu Sikka Sehat ini sesungguhnya menggantikan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) yang selama ini dikeluhkan masyarakat. Bahwa masyarakat atau keluarga pasien yang belum menjadi peserta BPJS Kesehatan atau memiliki Kartu Indonesia Sehat (KIS) harus mondar-mandir mengurus SKTM.

“Masyarakat yang belum memiliki KIS pasti diberikan Kartu Sikka Sehat dan tidak pusing lagi mengurus SKTM, meminta tanda tangan kepala desa dan camat. Saat sakit, masyarakat bawa saja Kartu Sikka Sehat dan berikan kepada petugas yang sudah kami siapkan. Ini solusi jitu menjawab keluhan masyarakat selama ini. Kami pasti lakukan setelah dilantik menjadi bupati dan wakil bupati Sikka 5 tahun ke depan,” jelas murah senyum ini. Bersambung….(nes/sfn02).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *