Kembangkan Program Sanitasi Air Bersih, Bukti Komitmen WVI Bangun Ende

by -5 Views

SUARAFLORES.NET -Manager WVI AP Ende Parulian Butarbutar mengatakan bahwa WVI sudah mengembangkan program sanitasi dan air bersih di beberapa desa layanan. Hal itu dilakukan WVI sebagai komitmen untuk membangun Kabupaten Ende dibidang Kesehatan, perlindungan anak dan pelibatan anak dalam perencanan pembangunan.

Hal itu disampaikan Parulian Butarbutar dalam Pelatihan Komite Air bersama sejumlah peserta dari berbagai desa dari Kabupaten Ende, Kabupaten Nagekeo dan Kabupaten Ngada, Pulau Flores, Senin (25/3/2019) di Hotel Satarmese Jalan Eltari, Kota Ende.

“Dengan Pelatihan Komite Air ini sangat diharapkan adanya kelembagaan, struktur dan program kerja komite air di desa dapat berjalan secara baik, efektif dengan melibatkan pemerintah desa, pemerintah kecamatan dan OPD yang ada agar komite air ini mampu berkontribusi terhadap peningkatan kualitas, kuantitas, kontinuitas serta keterjangkauan air minum bersih agar anak dan masyarakat mendapatkan manfaat demi peningkatan kualitas hidupnya,” ujar Parulian Butarbutar melalui sambutannya.

Parulian juga mengharapkan agar melalui Komite Air dapat membuat pembaharuan RPAM (Rencana Pengamanan Air Minum) yang sudah ada dan membuat RPAM yang baru dari hulu hingga ke hilir. RPAM dimaksudkan adalah dengan melalukan identifikasi risiko yang ada dan upaya yang dilakukan guna meminimalisir risiko yang ada.

Kepala Bappeda Kabupaten Ende yang diwakili oleh Kabid II Mustaqim Mad Mberu mengatakan, dalam upaya menciptakan keberlanjutan infrastruktur sarana prasarana Air Minum bagi masyarakat, tentu adannya sistem kelembagaan yang baik serta memiliki sumber daya yang memadai pula. Agar sistim kelembagaan yang baik dapat terwujud harus didukung dengan pengetahuan dan kemampuan dalam tata kelolah kelembagaan khususnya dalam tata kelolah kelembagaan Air Minum di tingkat masyarakat.

“Kami berterimakasih kepada WVI Area Program Ende yang telah mengembangkan jaringan air minum bersih dibeberapa Kecamatan dan menginisiasi pelatihan Komite Air ini untuk memperkuat kelembagaan air minum di desa-desa binaan WVI. Kami juga berterimakasih karena sudah membantu kami dalam berbagai program kesehatan seperti STBM, PMBA, Kebun Gizi, Perlindungan anak dan juga mendorong anak memiliki akte kelahiran,” ujar Mustaqim Mad Mberu melalui sambutannya saat membuka kegiatan Pelatihan Komite Air tersebut.

Mustaqim berharap agar kedepan WVI tetap menjadi bagian dari pemerintah dalam membangun Kabupaten Ende.

“Kami berharap agar kita terus menjadi mitra untuk bersama-sama mengatasi masalah yang dihadapi oleh masyarakat,” tandasnya.

Sebelumnya diberitakan bahwa WVI AP Ende dan AP Nada (Nagekeo dan Ngada) melakasanakan pelatihan komite air untuk memperkuat keterlibatan masyarakat dan pemerintah dalam pengeloaan air secara mandiri. Pelatihan ini berlangsung di Hotel Satarmese, Jalan Eltari, Kabupaten Ende Flores, Senin-Rabu, 25-27 Maret 2019.

“Dalam pelatihan ini kami melibatkan 6 desa di Ende dan 2 desa di Nagekeo dengan sistem sharing budget antar kedua AP ini,” ujar Yohanes Brechmans Tanaboleng selaku TP Health Coordinator Wahana Visi Indonesia Area Program Ende kepada SuaraFlores.Net di sela-sela kegiatan, Senin (25/3/2019). (DM).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *