KKBM Kupang Bangkit Gelar Musyawarah Besar Pertama

by -12 Views
Ketua KKBM Kupang, Drs. Kristo Blasin didampingi Nikolaus Fransiskus dan Emanuel Kolfidus dalam acara Mubes I KKBM Kupang

KUPANG, SUARAFLORES.NET,–Kerukunan Keluarga Besar Maumere (KKBM) Kupang pimpinan Drs. Kristo Blasin, hari ini menggelar Musyawarah Besar (MUBES) I di Hotel Romyta Kota Kupang. Mubes I ini digelar untuk memilih ketua baru dan membentuk kepengurusan baru.

“Agenda mubes hari ini ada ceremoni pembukaan,pemilihan pengurus baru dan pelantikan pengurus baru oleh adhock oleh pimpinan sidang. Sebanyak 150-an orang hadir dalam acara mubes ini sebagai delegasi dari 22 peguyuban lokal di Kota Kupang yang mempunyai hak memberikan suara,” kata panitia Mubes I KKBM Kupang, Fidelis Nogor, kepada Suaraflores.Net, Sabtu (3/8/2019).

Dikatakan Fidel, acara mubes ini juga dimeriahkan musik Gong Waning, suguhan lagu dan syair etnis dari semua etnis. Hadir dalam Mubes ini para pengurus KKBM, seperti Kristo Blasin, Nikolaus Fransiskus, Ignas Jani, Emanuel Kolfidus, Akri Deo Datus, Stanis, dan lain-lain. Sementara itu, untuk calon ketua baru terendus tiga nama kuat, yaitu Agustinus Bajo, Stanislaus, dan Theo dan Cunha.

Selanjutnya, kata Fidel, untuk syukuran pelantikan dan pengukuhan pengurus akan dilakukan pada akhir bulan agustus 2019, yang akan dihadiri kurang lebih 6.000 warga dan ditandai dengan misa oleh Uskup Maumere. Akan hadir dalam syukuran tersebut, Gubernur dan Wakil Gubernur NTT, Bupati dan Wakil Bupati Sikka, Ketua Paguyuban Maumere di Indonesia, dan semua tokoh-tokoh Maumere di dari seluruh Indonesia.

Untuk diketahui, KKBM Kupang selama 5 tahun terakhir dipimpin oleh Ketua, Drs. Kristo Blasin dan Dr. Filemon da Lopez (almarhum). Kepengurusan KKBM Kupang pimpinan Kristo Blasin dan Filemon da Lopez dikukuhkan secara meriah melalui ritus adat dan misa khusus Uskup Maumere, Mgr. Cheurubim Parera. Hadir pada saat itu, Mantan Ketua KKBM, Daniel Woda Pale, Walikota Kupang, Daniel Adoe, dan Gubernur Frans Lebu Raya yang memboyong artis dan politisi nasional Rano Karno.

Gerakan kebangkitan KKBM 5 tahun silam dimotori sekelompok anak muda gila dari Sikka (Kornelius Moa Nita, Geradus Manyela dan Fidelis Nogor) bersama para mahasiswa PERMASI Kupang yang terpanggil dalam keperihatinan dan kemudian mendirikan Gerakan Pemuda Sikka Bangkit (Rakkit). Filosofinya adalah menjahit kembali yang robek, terlepas dan kandas di batu karang. (bkr/sfn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *