Kodim Ngada Rillis Kronologi Kebakaran Kampung Adat Gurunsina

by -17 Views
Suara Flores

NGADA, SUARAFLORES.NET — Kodim 1625 Ngada, Flores, Nusa Tenggara Timur merilis kronologi kebakaran Kampung Adat  Wisata Adat Gurusina, Desa Watumanu, Kecamatan Jerebu’u, Kabupaten Ngada, Pulau Flores. Berikut kronologi yang dapat dirilis Kodim 1625 Ngada, Flores.

Pada Tanggal 13 Agustus 2018 sekitar pukul 17.20 Wita bertempat di Perkampungan Rumah Adat Gurusina, Desa Watumanu, Kec. Jerebu’u, Kabupaten Ngada telah terjadi kebakaran yang menghanguskan beberapa rumah adat yang rata-rata beratap jerami dan terbuat dari kayu/bambu.

Pukul 18.10 wita dua unit mobil pemadam kebakaran milik BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) Kabupaten Ngada menuju lokasi kejadian.

Pukul 19.30 wita, 2 (dua) unit mobil Pemadam Kebakaran BNPB Kabupaten Ngada tiba di lokasi kebakaran untuk membantu memadamkan api.

Pukul 20.20 wita, api dapat dipadamkan di bantu oleh 2 (Dua) unit mobil Damkar BNPB dan masyarakat setempat.

Baca juga: Kebakaran Melanda Kampung Adat Gurunsina Flores, Puluhan Rumah Hangus

Data Kerugian sebagai berikut, Korban Nihil. Rumah : 27 (dua puluh tujuh) rumah hangus terbakar.

Perkampungan adat Gurusina Desa Watumanu Kec. Jerebu’u merupakan salah satu obyek wisata di Kabupaten Ngada, dengan bangunan rumah adat sebanyak 33 unit (33 KK). Terdapat 27 unit rumah ludes dilahap si jago merah.

Upaya evakuasi tidak dapat dilakukan secara maksimal karena topografi dan jarak tempuh dari Pusat Kota Bajawa yang memakan waktu. Ruasa jalan menuju lokasi pun sangat sempit sehingga pihak Damkar sangat kesulitan untuk bergerak cepat ke lokasi kebakaran. Hingga kabar ini diturunkan, penyebab kejadian masih didalami pihak Polres Ngada.(aurel).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *