Komunikasi Lintas Provinsi Hasilkan Aplikasi SIMONEP di Sikka

by -12 Views
Suara Flores

SUARAFLORES.NET – Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Setda Sikka, Margaretha Mavoldes DM Bapa, ST, M.Eng mengatakan bahwa pihaknya kerja keras membangun komunikasi dengan sejumlah pihak di luar NTT untuk merancang dan melaunching Aplikasi Sistim Informasi Monitoring dan Evaluasi Pembangunan (SIMONEP).

Margaretha Mavoldes DM Bapa, ST, M.Eng mendatangi Kabupaten Lombok Tengah NTB yang merupakan wilayah contoh dalam aplikasi Simonev oleh LKPP dan Kabupaten Badung Provinsi Bali. Ia juga melakukan konsultasi dan koordinasi bersama pemerintahan Kabupaten Batang Provinsi Jawa yang merupakan rekomendasi dari KPK untuk pelaksanaan e-government.

“Kabupaten Batang menjadi titik akhir perjuangan dalam berkonsultasi merancang Aplikasi ini. Batang mendapat rekomendasi dari KPK menjadi kabupaten contoh bagi daerah lain. Kami lakukan penandatangan MOU dan PKS antara Pemerintah Kabupaten Sikka dan Pemerintah Kabupaten Batang” ujar Margaretha kepada suaraflores.com usai sosialisasi dan launching Aplikasi Simonep di Hotel Permatasari Maumere, Rabu/22/11/2017.

Setelah membangun kerjasama, lanjutnya, selaku admin, pihaknya melakukan penginstalan Aplikasi Simonep. Sebanyak 74 orang pejabat pengelolah program dari semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lingkup Setda Sikka mengikuti Bimteks Aplikasi Simonep. Bimteks ini menghadirkan nara sumber yaitu Kepala Bagian Pengendalian Pembangunan Setda Kabupaten Batang beserta staf.

“Kerja keras ini melalui proses yang panjang dan melelahkan. Cita-cita kami terwujud. Semangat perubahan untuk penataan pengelolaan fisik dan keuangan daerah yang transparan menjadi modal bagi kami. Sekarang tinggal kita gerakan dan belajar bersama agar mampu bekerja melalui aplikasi ini menuju Sikka yang akuntabel dan transparan” ungkapnya.

Sebelumnya diberitakan bahwa untuk menjawabi tuntutan akuntabilitas dan transparansi pembangunan, seiring dengan perkembangan teknologi informasi, maka diakhir tahun 2017, Pemkab Sikka melakukan sosialisasi dan lauching Aplikasi Simonep. Hal ini sejalan dengan meningkatnya tingkat transparansi dan pengetahuan masyarakat serta akuntabilitas kinerja instansi pemerintah sebagai wujud pertanggungjawaban terhadap pelaksanaan pembangunan.

Bupati Sikka, Drs. Yoseph Ansar Rera bersama sejumlah pimpinan OPD dan Pemerintah Kabupaten Batang menyaksikan sosialisasi singkat dan launching Aplikasi Simonep di aula Hotel Permatasari Kota Maumere, Rabu/22/11/2017.

Dalam sambutannya, Ansar mengharapkan pelaksanaan aplikasi ini menjadi media OPD untuk bekerja secara akuntabel dan transparan. Kepada admin dihimbau agar dapat meningkatkan sumber daya operator di tingkat OPD Kabupaten Sikka.

“Ini sangat bagus, memudahkan saya dan masyarakat memantau dari jauh atas fisik pekerjaan dan pengelolaan keuangan daerah. Operator perlu dibekali pengetahuan tambahan. Saya minta diprogramkan agar bisa membina mereka. Nanti kita perjuangkan untuk melengkapi faktor-faktor pendukungnya” ungkapnya. (yanes).