Kondisi Toilet di Taman Wisata Kuliner Pantai Ria Ende Butuh Perhatian Serius

by -9 Views
Suara Flores

SUARAFLORES.NET – Masyarakat pengunjung mengeluhkan kondisi toilet di Taman Wisata Kuliner Pantai Ria di Kabupaten Ende, Flores. Kondisi toilet di lokasi itu tampak sangat jorok. Pengelola dan Pemerintah Kabupaten Ende serta para pihak perlu memperhatikan secara serius.

Budi, salah satu pengunjung Taman Wisata Kuliner Pantai Ria mengaku tidak nyaman saat mengunjungi objek wisata ini, Senin (2/9/2019).  Ia mengharapkan adanya keseriusan Pengelola dan Pemkab Ende untuk menyiapkan fasilitas pendukung seperti Toilet yang layak digunakan.

“Saya heran. Saat kita semua ingin mendapat pelayanan yang bersih dan sehat, malah objek wisata ini terlihat sangat kotor. Jadi saya kira tidak hanya pemerintah dan pengelola. Semua pihak memiliki tanggungjawab yang sama untuk merawat semua fasilitas yang sudah disiapkan oleh pemerintah agar dapat digunakan publik saat mengunjungi Taman Wisata Kuliner Pantai Ria,” ujarnya, Senin (2/9) siang.

Baca juga: Puluhan Difabel di Flores Ikut Pelatihan Motivasi Diri

Baca juga: Umat Nanganesa Gotong Royong Bangun Tempat Ibadah

Selain toilet, lanjut Budi, pemerintah dan pengelola perlu menyediakan bank sampah di tempat-tempat tertentu untuk menampung semua jenis sampah.

“Ini adalah Taman Wisata Kuliner. Mestinya kebersihan harus diperhatikan. Orang pasti tidak betah dan enggan datang ke tempat ini. Oleh karena itu, semua pihak diharapkan bersama-sama mengambil bagian untuk menjaga kebersihan dan kesehatan di Taman Wisata Kuliner Ende,” ujarnya.

Ia mengatakan, Gubernur NTT Viktor Laiskodat pada acara kegiatan Pati Ka Du’a Bapu Ata Mata di Danau Kelimutu menekankan pentingnya kebersihan di lokasi objek wisata. Artinya kebersihan menjadi nomor satu dan wajib diperhatikan semua pihak.

Dia mengatakan, semua orang yang mengunjungi Taman Wisata Kuliner tentunya ingin mendapat pelayanan bersih dan sehat. Banyak pengunjung ingin menikmati hiburan dan rekreasi bersama keluarga, teman-teman  ditempat ini.

Pengunjung lain Armanus menyayangi kondisi toilet yang ada di lokasi Wisata Kuliner Pantai Ria ini. Dikatakannya, Pemkab Ende dan pihak pengelola seharusnya membuka mata.

“Kita tidak ingin tempat ini menjadi bahan cerita buruk banya orang. Dan kita tidak ingin tempat ini menjadi sepi pengunjung hanya karena hal kecil seperti ini. Memalukan sekali. Toilet saja tidak bisa diurus,” ujarnya.

Bob, salah seorang pengelola sa’at dikonfirmasi SuaraFlores.Net di Pantai Ria mengatakan, kondisi ini sudah berjalan lama. Pihaknya sudah menyampaikan kepada pemerintah untuk memperbaiki.

“Belum ada tindakan. Sampai saat ini pun belum ada tindak lanjut. Kami sudah menyampaikan kalau kondisi toilet tersebut segera diperbaiki,”  akunya. (dami).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *