KPU Sumba Tengah Gandeng Gen Hijau Sosialisasi Pemilu

by -15 Views

ANAKALANG,SUARAFLORES.NET,–Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumba Tengah menggandeng Komunitas Gen Hijau dalam melakukan Sosialisasi Pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Cara inovatif yang dilakukan pihak KPU tersebut mendapatkan sambutan dan dukungan masyarakat setempat. Sosialisasi Pemilu 2019 ini bertujuan agar masyarakat terlibat aktif dalam pelaksanaan Pemilu sekaligus menggunakan hak suaranya untuk memilih Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden, Calon Anggota Legislatif serta Calon Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI). 

Pihak KPU Kabupaten Sumba Tengah memilih Gen Hijau untuk bersama-sama melakukan sosialisasi dengan pertimbangan bahwa komunitas ini sangat independent dan semua anggota yang terlibat di dalamnya adalah orang-orang rasional dan berintelektual. Sosialisasi yang dilakukan pada Minggu, 24 Februari 2019 pukul 16.00 Wita itu dari pihak KPU Sumba Tengah dihadiri oleh 1 orang Komisioner yakni Edi bersama beberapa staf dari Sekretariat KPU Sumba Tengah. 

Di hadapan para anggota Komunitas Gen Hijau dan masyarakat setempat, Komisioner Edi, mengajak untuk terlibat aktif dalam melakukan pemungutan suara dengan cara yang benar. Ia berharap Komunitas Gen Hijau bisa meneruskan informasi tersebut dengan mengajak masyarakat lainnya untuk menggunakan hak suara sekaligus aktif mengawal proses demokrasi. 

Sosialisasi Pemilu yang digelar dalam suasana santai penuh keakraban itu dihadiri oleh Ketua Gen Hijau, Simon Sabawali,S.IP, bersama anggota, Direktris Yayasan Wahana Komunikasi Wanita (YWKW), Farida, serta Program Koordinator YWKW, Robert Desilfa Saunoah, S.Fil, Korkab P3MD Kabupaten Sumba Tengah, Umbu Kalendi, serta para staf YWKW dan warga masyarakat lainnya yang berjumlah sekitar 100 orang. 

Terkait dengan sosialisasi Pendidikan pemilih ini, Ketua Komunitas Gen Hijau Sumba Tengah, Simon Sabawali,S.IP, menyatakan kesediaan komunitas untuk menjadi virus yang baik dengan cara menyebarkan pendidikan pemilih dalam Pemilu yang hari ini didengar langsung dari Komisioner KPU Sumba Tengah kepada semua keluarga dan masyarakat yang ditemui sehari-hari. Hal sama juga dikemukakan oleh senior sekaligus Pembina Gen Hijau, Drs. Umbu Dedungara yang menyampaikan apresiasi dan dukungannya kepada KPU Sumba Tengah. 

“Hal yang paling membahagiakan di saat usia saya seperti ini adalah saya bisa datang dan melihat langsung sebuah proses yang luar biasa dilakukan oleh KPU Sumba Tengah. Cara sosialisasi seperti ini tidak pernah dilakukan sebelumnya. Ini adalah cara yang inovatif. Sekarang sosialisasi dilakukan dalam bentuk dialog langsung dengan masyarakat dan hal semacam ini dulunya jarang terjadi, “ujarnya. 

Dikatakannya, KPU sebagai lembaga yang independen memilih komunitas yang independen juga untuk membantu menyukseskan Pemilu di daerah kita. Ia juga menghimbau agar komunitas Gen Hijau bisa membantu KPU untuk mengajak masyarakat agar terlibat secara aktif menyukseskan Pemilu 2019. Hal ini dilakukan untuk bisa memilih pemimpin republic ini dan memilih wakil-wakil yang berkualitas yang dapat membangun Sumba Tengah menjadi lebih baik. Umbu Dedungara, mengemukakan, Gen Hijau dalam setiap pergerakan selama ini selalu bekerja sama dengan LSM yang ada di Sumba Tengah dan semua masyarakat serta kelompok-kelompok yang ada di masyarakat. 

“Gen Hijau ini adalah adalah pihak yang independen. Kalau kita berniat membantu maka Gen Hijau yang sudah memiliki kelompok dampingan di semua desa atau kecamatan bisa melanjutkan informasi dalam bentuk dialog agar masyarakat memahami cara menyalurkan hak suaranya dan terlibat aktif dalam pemilu, “ujarnya.

Dengan dipilihnya Komunitas Gen Hijau, menurut Umbu Dedungara, ada sebuah kepercayaan dari KPU kepada Gen Hijau untuk membantu menyukseskan Pemilu 2019. Untuk itu, semua anggota Komunitas Gen Hijau harus tulus dan ikhlas melakukannya. 

Dalam sosialisasi Pendidikan pemilih ini juga diberikan kesempatan tanya jawab. Para anggota Komunitas Gen Hijau beserta warga lainnya pada umumnya menanyakan terkait teknis pencoblosan, jumlah surat suara dan cara melakukan pemilihan. Kegiatan sosialisasi diakhiri dengan santap bersama di rumah bapa Umbu Jowa sekaligus sekretariat Gen Hijau.

Di tempat yang sama, Koordinator P3MD Kabupaten Sumba Tengah, Umbu Kalendi, mengusulkan agar media komunikasi dalam bentuk poster atau spanduk perlu diperbanyak dan dipasang di tempat-tempat yang strategis. Dengan cara ini, masyarakat akan mudah mengetahuinya. 

“Materi sosialisasi seperti tehnis pencoblosan surat suara perlu dicetak dalam ukuran besar dan dipajang pada tempat yang strategis agar bisa diakses oleh masyarakat banyak, “harapnya. 

Usulan Umbu Kalendi tersebut disetujui Edi sebagai Komisioner KPU Sumba Tengah. Dalam waktu secepatnya pihak KPU akan menyebarkan berbagai media informasi terkait Pemilu 2019 seperti dalam bentuk brosur, pamphlet, poster dan spanduk. 

Mengenal Gen Hijau 

Sebagaimana diketahui, Gen Hijau didirikan pada tanggal 5 November 2015 di Sumba Tengah dengan cita-cita melestarikan lingkungan hidup menuju Sumba Tengah yang lebih baik. Sejak berdiri, komunitas Gen Hijau ini telah melakukan berbagai kegiatan di bidang lingkungan hidup. 

Gen Hijau adalah komunitas peduli lingkungan dengan gerakannya melakukan lampanye untuk menyelamatkan lingkungan hdup dan kegiatan-kegiatan konservasi lingkungan. Komisioner KPU ini juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Gen Hijau yang sudah mau bekerjasama dan membantu KPU dalam Pemilu 2019.(Sil Nusa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *