Melchias Mekeng Sang Juara Dapil NTT I yang Tak Tertandingi

by -14 Views
Suara Flores

MAUMERE, SUARAFLORES.NET – Nama Anggota DPR RI dari Partai Golong Karya (Golkar), Melchias Marcus Mekeng sudah terkenal luas di seantero Indonesia, khususnya di wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT). Bukan hanya karena ia menduduki jabatan sebagai Anggota DPR RI yang terpilih pada periode ketiga, tapi karena keberpihakannya menjalankan peran wakil rakyatnya untuk pembangunan di NTT.

Kehadirannya di Senayan bukan sekedar lima D alias datang, duduk, dengar, diam dan duit. Melalui berbagai posisi strategis di parlemen, ia telah menunjukan perannya untuk membangun daerahnya.

Sejumlah pembangunan fisik difasilitasi dengan membangun komunikasi intensif bersama pemerintah pusat untuk mendapatkan mengalokasikan anggaran ke NTT. Ratusan miliar diturunkan ke NTT seperti pembangunan Jalan Lingkar Luar di Maumere, pembangunan Kantor Kejaksaan Negeri Maumere, pembangunan bendungan Napun Gete, pengembangan Bandar Udara Frans Seda dan pembangunan fisik lainnya serta sejumlah bantuan untuk tempat-tempat ibadah.

Bukan hanya di Maumere, sejumlah pembangunan infrastruktur di Kabupaten Flores Timur telah dijamahnya sejak terpilih pada tahun 2004. Sebagai wakil rakyat yang pro pembangunan, ia dianggap paling aktif turun ke NTT memantau kondisi daerah pemilihannya. Pembangunan beberapa ruas jalan di Flores Timur dan masih banyak jasanya untuk pembangunan di daratan Pulau Flores lainnya yang saat ini tengah ia perjuangkan di pusat.

Baca juga: Flores, Lembata dan Alor Jadi “Dapil Neraka” Pileg 2019

Melchias Mekeng juga mengambil peran untuk promosi potensi pariwisata di daerah. Festival Jazz Fiesta Flores telah digelar sebanyak dua kali dengan menghadirkan puluhan artis ibu kota serta sejumlah lembaga keuangan di Kabupaten Sikka.

Ia mengajak seluruh masyarakat serta segenap pelaku pariwisata dan unsur pemerintahan agar peduli lingkungan. Merawat objek – objek wisata dengan membuang sampah pada tempatnya.

“Bagi saya, pariwisata dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan mendorong peningkatan pendapatan bagi warga. Hal itu dapat terjadi apabila potensi-potensi wisata yang ada di daerah dikelolah dan dirawat dengan baik sehingga wisatawan rajin ke daerah,” ujar Ketua Komisi XI DPR RI itu.

Artinya, kehadiran Mantan Ketua Banggar DPR RI ini telah banyak berkontribusi untuk keberpihakan kepada masyarakat. Hal ini menjadi bukti bahwa ia sangat layak untuk kembali mewakili rakyat di daerah pemilihan NTT I.

Untuk diketahui, Mekeng (adalah) Anggota DPR RI tiga periode terpilih sejak tahun 2004, 2009 dan 2014. Pada tahun 2004, awal ia mencalonkan diri dengan sistim nomor urut dan terpilih menjadi Anggota DPR RI Dapil NTT I dengan suara yang sangat signifikan.

Baca juga: Tarung NasDem di Dapil NTT Satu, Siapa Pemenangnya?

Data yang dihimpun SuaraFlores.Net, pada tahun 2009, melihat hasil pleno rekapitulasi perolehan kursi DPR RI, Partai Golkar mengumpulkan 179.436 suara. Mekeng berada pada posisi kedua sebesar  47.451 suara.  Pada posisi pertama diraih oleh Yosef Nae Soi sebanyak 53.798 suara.

Sedangkan, pada pemilihan legislatif periode 2014-2019, ia berhasil mengantongi 72.120 suara. Dari total enam kursi pada dapil tersebut, Honing Sanny (PDIP) meraih 49.287 suara, Almarhum Laurens Bahang Dama (PAN) 79.603 suara, Beni Kabur Harman (Demokrat) 53.701 suara, Pius Lustrilanang (Gerindra) 51.432 suara, Johni G Plate (Nasdem) 33.704 suara.

Melchias Mekeng kini kembali mencalonkan diri dari Partai Golkar Daerah Pemilihan NTT I nomor urut satu. Ia tentu berharap terpilih kembali untuk mewakili rakyat di Senayan.

Mencermati hasil peroleh suara pada tiga periode berturut-turut, maka dapat dipastikan bahwa salah satu tokoh besar Partai Golkar ini masih mampu mempertahankan “Sabuk Juara” di Dapil NTT I alias belum tertandingi oleh lawannya, baik internal partai maupun calon dari partai lain. (sfn02).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *