Memilih Pemimpin NTT, Ini Pesan Romo Max Regus

by -8 Views
Suara Flores

RUTENG, SUARAFLORES.NET–Romo Max Regus, Ph.D menjadi salah satu narasumber dalam seminar yang diselenggarakan oleh Forum Pemuda Peduli Demokrasi (FP2D), Sabtu (17/03/2018). Seminar dengan tema “Memilih pemimpin Yang Negarawan” bertempat di Aula Missio STKIP st. Paulus Ruteng, Flores, NTT.

Romo Max Regus dalam pemaparan materi mengkaji pilgub NTT dari perspektif sosiologi politik. Ia menjelaskan ada tiga prinsip dan kekuatan utama dalam sebuah pembangunan, yakni negara (state), pasar (market) dan masyarakat (civil society). Sinergi tiga kekuatan ini akan menentukan apa yang disebut dengan ‘ruang publik’. Dalam konteks pembangunan, ‘ruangpublik’ adalah arena kontestasi kepentingan tiga kekuatan.

Pemimpin politik, lanjutnya, mempresentasikan kehadiran negara yang merujuk pada birokrasi, pemerintahan, institusi wakil rakyat yang memiliki klaim utama dalam bidang regulasi (UU), wewenang untuk menyusun dan mengatur kebijakan politik.

Baca juga: Mencari Pemimpin NTT yang Negarawan

Romo Max menjelaskan bahwa masyarakat NTT membutuhkan pemimpin yang paham dan mampu menggabungkan tiga kekuatan utama tersebut.

Ditanya soal pemimpin yang layak dari ke-empat kandidat yang akan bertarung dalam pilgub NTT Juni 2018 mendatang, Romo Max menjelaskan semua kandidat mendapat predikat “ cukup layak “.

“Rakyat NTT mesti memahami secara dalam tentang 4 figur calon pemimpin baru. NTT dengan potensi yang sangat banyak harus dapat memperbaiki kehidupan rakyat. Pemimpin baru harus mampu menghapus isu korupsi, isu tambang, isu traficking yang semakin marak untuk mengeluarkan rakyat NTT dari terali kemiskinan,” pungkasnya.

Seminar yang ini diikuti segenap elemen masyarakat terdiri dari Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP), Organisasi intra dan ekstra kampus, mahasiswa/mahasiswi tiga perguruan tinggi di Ruteng, OSIS SMA/SMK se_Kecamatan Langke Rembong, dan  Lurah se Kecamatan Langke Rembong. Seminar ini menghadirkan tiga pembicara lokal dan nasional yakni pengamat politik Romo Max Regus, Ph.D, pengamat sosial Gracia Paramitha (Ph.D Candidate) dan praktisi pendidikan Romo Dr. John Boy Lon, M.A. (pas/sf).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *