Mente Hasil Program Penjarangan di Flotim Mulai Berbunga

by -1 Views

LARANTUKA, SUARAFLORES.NET,–Gerakan Selamatkan Tanaman Rakyat di Kabupaten Flores Timur (Flotim) melalui program pemangkasan dan penjarangan mente oleh Bupati-Wakil Bupati, Anton Hadjon,ST-Agust P.Boli,SH di sejumlah wilayah sejak Maret 2018, kini mulai menunjukkan tanda-tanda baik. Pohon-pohon mente yang dipangkas sudah mulai berbunga.

Pantauan media ini, kebun mente milik Dominikus Dowe Liwun, Desa Sinar Hading (Kawaliwu) Kecamatan Lewolewa. Mente miliknya mulai berbunga lebat. Terutama pada pohon-pohon yang sebelumnya enggan berbunga. Kondisi ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, ketika proses penjarangan tidak dilakukan. Dimana banyak pohon yang sulit berbunga, apalagi berbuah lebat.

Baca juga: Plt Bupati Sikka: Merangkul Tokoh, Mempercepat Pembangunan Daerah

Kepala Dinas Pertanian Flotim, Ir. AntonWukak Sogen melalui Kepala Seksi Produksi Perkebunan, Aloysius T. Payong SP saat ditemui media, belum lama ini menjelaskan, saat ini pohon mente mulai memasuki fase generatif yakni masa berbunga. Dan sangat menggembirakan juga karena pohon-pohon mente hasil program penjarangan sudah mulai berbunga.

“Memang hampir di semua tempat, mente mulai berbunga dengan lebat. Seperti yang terjadi di kebun Bapak Dominikus Dowe Liwun, Kawaliwu. Mente yang sebelumnya tidak berbunga, kini mulai berbunga lebat,l”pungkasnya sembari berjanji akan turun memantau fase ini di lapangan, termasuk pemberian pupuk sebagai asupan gizinya. Ia juga meminta para petani agar tetap memantau, memperhatikan perkembangan tanamannya. (Roberth/SFN)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *