‘Millennial Road Safety Festival’ Menuju Maumere Tanpa Motor Roak

by -21 Views
Suara Flores

SUARAFLORES.NET – Millennial Road Safety Festival merupakan sebuah kegiatan yang bertujuan membangkitkan kesadaran masyarakat pengendara serta mewujudkan kaum millennial yang tertib dalam berlalu lintas. Kota Maumere, Kabupaten Sikka menjadi salah satu kota digelarnya kegiatan yang serentak dilaksanakan di tiga Polda di Indonesia, yakni Polda NTT, Polda Lampung dan Polda Papua Barat. Harapannya agar Kota Maumere menjadi kota aman dan nyaman atau kota yang ramah tanpa motor racing alias motor roak.

Pihak Kepolisian Resort Sikka menaruh harapan besar agar kaum
millennial lebih sadar dalam berlalu lintas. Salah satu tanggungjawab yang harus dilakukan kaum millennial, yakni memberi jaminan keamanan dan kenyamanan bagi pendengara lain dengan tidak menggunakan motor racing dalam berlalu lintas, dan tidak melakukan balapan liar di mana saja.

“Kita melibatkan banyak pelajar dan kaum muda dari berbagai komunitas motor di Maumere. Masyarakat umum pun dilibatkan. Harapan kita agar masyarakat, khususnya generasi millennial lebih tertib berlalu lintas. Bahwa menggunakan knalpot racing dan trek-trekan di jalan raya sangat merugikan orang lain dan merugikan diri sendiri,” ujar Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polres Sikka, Iptu Leyfrids Mada melalui keterangan persnya kepada wartawan usai kegiatan yang dilaksanakan di depan Kantor Bupati Sikka, Jalan Ahmad Yani, Kelurahan Kota Baru, Kecamatan Alok Timur, Kota Maumere, Sabtu (2/2/2019) pagi.

Baca juga: Polres Alor Gelar ‘Millenial Road Safety Festival’

Baca juga: Umbu Dingu, ‘Anak Marapu Dalam Lintasan Sejarah Gereja Kristen Sumba

Baca juga: Terangi Pulau Bukida, Pemerintah Bangun Jaringan Listrik

Kepada para wartawan, Frids Mada mengatakan bahwa secara nasional, tingkat kecelakaan lalu lintas lebih didominasi oleh anak-anak muda.

“Kita mengajak semua pihak untuk mematuhi aturan saat berada di jalan raya dengan cara mengenakan helm standar, masker pengaman, sarung tangan, sepatu dan jacket. Hanya pengendara sendiri yang dapat menjamin keselamatannya. Polisi bertugas menertibkan pengendara yang nakal. Jika salah atau melanggar tata tertib, maka polisi bertugas menegakan aturannya,”  ujarnya.

Ina Balimula dan Tris, dua pelajar SMA di Kota Maumere merespon positif kegiatan ini. Kepada SuaraFlores.Net mereka sangat berterima kasih kepada pihak Kepolisian Resort Sikka yang melibatkan mereka dalam kegiatan tersebut.

“Kami sangat bangga bisa mengikuti kegiatan dengan baik. Kami siap menjadi pelopor dalam berlalu lintas ketika kami sudah bisa mengendara kendaraan, baik roda dua maupun roda empat. Karena kami pun merasa sangat terganggu ketika orang-orang menggunakan knalpot roak,” aku mereka di sela-sela kegiatan.

Disaksikan SuaraFlores.Net, ribuan orang terlibat aktif dalam kegiatan ini. Pelaksanaan Millenial Road  Safety Festival ini diawali dengan Senam Kolosal Milineal, Jalan Sehat Milenial, Millenial Entrepreneur Expo, Safety Ridding and Driving, Deklarasi Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas, dan atraksi Free Style Motor. (sfn02).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *