Ormas DERAP Hadir untuk Indonesia Merdeka Seratus Persen

by -15 Views

JAKARTA, SUARAFLORES.NET,–Satu lagi ormas yang diprakarsai para aktivis 98 lahir di tanah air. Ormas yang bernama Merdeka 100 Persen (DERAP) ini didirikan di Jakarta pada tanggal 20 Maret dibawa pimpinan Ketua Umum Aznil Tan. Ormas DERAP yang tampil dengan moto “Dukung Jokowi 2019 untuk  mewujudkan Indonesia Merdeka 100% ini telah dideklarasikan pada 22 Maret 2018 atas kesepakatan para aktivis 98.

Ketua Umum DERAP, Aznil Tan, mengatakan, merdeka 100% artinya rakyat Indonesia harus merdeka dalam bidang pangan, kesehatan, pendidikan, tanah, laut, dan merdeka 100 % untuk mengelola ekonomi dan Sumber Daya Alam (SDA) Indonesia.

“Derap kami dirikan sebagai alat perjuangan rakyat Indonesia, secara khusus kaum muda dan aktivis agar terus bangkit berjuang mewujudkan Indonesia merdeka 100%. Merdeka 100% harus menjadi idealisme kita yang tertanam dalam jiwa dan raga kita agar kita terus bekerja keras menuju cita-cita,” kata Aznil Tan kepada wartawan, di Jakarta, Senin (9/4/2019 lalu.

Aznil mengatakan, Derap sebagai alat perjuangan rakyat tidak hanya berada di Ibu Kota Jakarta, tetapi akan dibentuk dan diklarasikan di seluruh provinsi di Indonesia. Oleh karena itu, sebagai ketua umum, dirinya bersama seluruh pengurus akan bekerja keras melakukan konsolidasi untuk membentuk Derap di seluruh Indonesia, dari provinsi hingga kabupaten dan kota.

Baca juga: Ribuan Rakyat Sikka Sambut Bung Karno, Lagu Proklamasi Berkumandang

Mengenai pembentukan Derap di 34 provinsi, lanjut mantan aktivis 98 ini, ia mengajak seluruh  pemuda dan pemudi Indonesia atau seluruh rakyat Indonesia yang merasa terpanggil untuk mewujudkan perjuangan Merdeka 100% untuk terlibat atau bergabung dalam ormas DERAP.

“Saya mengajak teman-teman kaum muda dan aktivis di seluruh Indonesia untuk menyatukan diri sebagai pengurus DERAP di setiap provinsi dan kabupaten dan kota. Mari kita bersatu dengan tekad sakral satu bangsa, satu bahasa dan satu tanah air untuk berjuang bersama mewujudkan Indonesia Merdeka 100%,” ajak Aznil Tan.

Lebih jauh, Aznil juga menekankan bahwa Derap memiliki visi terwujudnya tatanan masyarakat dan peradaban dunia Merdeka 100% yang sejahtera, berkeadilan, demokratis, aman damai dan berbudaya luhur.

Selain visi itu, lanjutnya, Derap juga mempunyai 5 misi, yaitu, pertama, memperjuangkan hak-hak individu untuk mendapatkan keadilan. Kedua, memperjuangkan hak-hak individu rakyat untuk mendapatkan kesejahteraan dan pengembangan diri untuk maju. Ketiga, memperjuangkan kemerdekaan rakyat 100% dalam kesetaraan berbangsa dan bernegara. Keempat, memperjuangkan merdekanya rakyat dari penindasan, upaya jahat dan pembodohan, ataupun kelalain pemerintah kepada rakyatnya. Kelima, memperjuangkan kedaulatan dan kemandirian negara dan bangsa Indonesia.

Ditambahkannya pula,  sebagai ormas yang mendukung Jokowi, Derap tetap akan memberikan pengawasan dan tidak akan kehilangan sikap kritis terkait berbagai program dan kebijakan yang dijalankan pemerintah.

“Saya tegaskan bahwa kami mendukung Presiden Ir. Joko Widodo pada Pilpres 2019. Namun, kami akan tetap bersikap kritis dan terus mengawasi program-program yang dijalankan pemerintah,”tutupnya. (bkr/sft)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *