Paket HARMONI Simbol Nilai NTT

by -19 Views

KUPANG, SUARAFLORES.NET-Senin, 08 Januari 2018, kembali menjadi hari bersejarah untuk NTT. Komisi Pemilihan Umum (KPU) membuka pintu politik bagi pasangan bakal calon Gubernur-Wakil Gubernur, periode 2018-2023 untuk melakukan pendaftaran.

Paslon Ir. Esthon L. Foenay, M. Si-Christian Rotok yang diusung Partai Gerindra dan PAN, lebih dulu mendaftar. Disusul Dr. Benny Kabur Harman-Drs. Benny Litelnoni, SH, M. Si (Paket Harmoni) yang didukung Partai Demokrat, PKPI dan PKS. Kemudian, Paslon Marianus Sae-Emilia Nomleni (Paket Marianus-Emi) yang didukung PKB dan PDIP.

Pantauan media, semuanya berjalan aman dan lancar. Demikian juga penyambutan oleh KPU NTT. Esthon-Chris yang datang lebih awal sekitar pukul 09.00 wita bersama Tim Sukses. Terlihat ada Ketua DPW PAN NTT, Awang Notoprawiro, Bupati Manggarai, Dr. Deno Kamilus, Sekretaris Gerindra NTT, Gabriel Beri Binna.

Suasananya terlihat lebih santai dan biasa-biasa saja hingga selesai. Maklum tak ada acara lainnya juga. Timses lain pun setia tunggu diluar halaman KPU NTT. Berkas Esthon-Chris dinyatakan lengkap. Esthon kepada media katakan, jika dipercaya rakyat maka ada 4 bidang utama yang akan dijadikan sebagai lokomotif pembangunan NTT yakni Pendidikan, kesehatan, infrastruktur dan pariwisata.

Berbeda dengan Paslon Benny Harman-Benny Litelnoni yang mengusung tagline “Harmoni”, terlihat lebih tenang, melangkah pasti, sambil menyapa dengan senyum.  Paket ini datang diiringi rombongan besar, mengenakan busana kebesaran adat Manggarai, Maumere dan Timor.

Suara Flores
Cagub-Cawagub NTT, Dr. Benny Kabur Harman-Drs. Benny Litelnoni, SH. M.Si saat tinggalkan KPU NTT, usai daftar Senin, 08/01/2018.

Tiba didepan Kantor KPU NTT, disambut sapaan adat Natoni, lalu diarak dengan tarian Hegong Maumere masuk pelataran ‘rumah adat’ Pemilihan Umum di NTT. Didepan ‘rumah adat’ ini, tua adat Manggarai lakukan ritual Manuk Kapuk untuk selanjutnya menyerahkan Harmoni kepada Partai Politik pengusung, dalam hal koalisi Kbinekaan untuk didaftarkan secara resmi.

Baca juga: Semakin Banyak Calon Justru jadi Pendidikan Politik bagi Rakyat

Mereka diterima langsung oleh Ketua KPU NTT, Maryanti Luturmas Adoe. Sementara, diluar kantor, nampak tim sukses terus antusias. Mereka disuguhi tarian Caci Manggarai, Hegong Maumere dan Kataga Sumba. Ditambah aksi atraktif penuh semangat seorang Gabriel Suku Kotan, politisi Demokrat NTT yang tampil dengan simbol budaya Lamaholot, sarung dan daun lontar dikepala/kenobo. Sebuah atraksi kbhinekaan yang sempurna.

Suasana ini berlangsung hingga usai pendaftaran. Ada hal yang menarik dibalik pendaftaran Harmoni, yakni Cagub Benny Kabur Harman/BKH datang diantar keluarga besarnya. Ada istrinya, Dr. Drg. Ernawati Harman, Sp.BM, dua anaknya, Maria Caecilia Stevi Harman dan Maria Benedikta Stella Harman, Saudaranya Agustinus Kabur serta saudarinya Benny Harman, Maria Medi. Terlihat juga saudaranya Ibu Ernawati Harman yakni, Charlie Paulus dan Aloysius Charlie.

Baca juga: Esthon-Rotok Melaju, PDIP, Golkar dan Nasdem marih “Tarik Tambang”

“Ini memperlihatkan sebuah dukungan moril yang amat besar. Ada nilai spiritual yang kuat sekali ketika Benny Harman diantar sendiri keluarga besarnya, terutama peran sentral saudari kandung Benny Harman, Maria Medi. Ia (Maria Medi, red) adalah jalan terang. Dia, simbol ibu pertiwi yang datang memberikan restu putera terbaiknya untuk menuju NTT harmoni. Persis nama paket ini,”ungkap Gabriel Suku Kotan kepada suaraflores.com, Senin, 08/01/2018.

Tampilan Paket Harmoni memang penuh aura kewibawaan sebagai pemimpin. Topi kebesaran dipadu stelan kasula warna dasar kuning emas dipadu warna merah, membalut kemeja putih ditubuh duo pemimpin rakyat NTT ini terasa sempurna. Penuh pantulan cahaya kesejahteraan.

Baca juga: Viktor Laiskodat akan Bersihkan NTT dari Penyakit Korupsi

Ibu Ernawati Harman kepada media, ungkapkan, keluarga besar mendukung total majunya Benny Harman sebagai Cagub NTT.

“Ini sebuah panggilan dan tugas mulia untuk menolong rakyat NTT menuju hidup yang lebih sejahtera. Saya minta seluruh rakyat NTT agar jangan ragu memilih Paket Harmoni. Harmoni mengenal NTT dengan baik,” ujar Ibu Ernawati, Doktor spesialis Bedah Mulut, jebolan Universitas Indonesia,yang lahir besar di Maumere dan pernah bertugas di RSUD, dr. Hendrikus Fernandez Larantuka selama 2 tahun.

Sementara dari Sumba, politisi Demokrat asal Sumba, Gustaf Tamo Bapa juga yakinkan jika Paket Harmoni terus meraih simpati. Figur Benny Harman itu sangat dikenal dan diterima. Dari sisi kultur maka orang Sumba pasti lebih memilih Benny Kabur Harman.

“Sumba dan Manggarai itu sangat dekat. Apalagi kualitas seorang Benny Harman sudah sangat dikenal, dan kini berpasangan dengan Benny Litelnoni yang notabene Wakil Gubernur NTT saat ini,”ujarnya menyakinkan. (SF03).