Paket Roma Serahkan 21 Ribu Dukungan E-KTP ke KPUD Sikka

by -23 Views

SUARAFLORES.NET-Bakal Calon (balon) Bupati Sikka , Fransiskus Roberto Diogo dan Wakil Bupati Sikka, Romanus Woga (Paket Roma) menjadi satu-satunya pasangan balon bupati dan wakil bupati Sikka yang menempuh jalur independen di Pilkada Sikka 2018. Hari ini, Selasa (28/11/2017), Paket Roma menyerahkan dukungan sebanyak 21. 011 E-KTP ke KPUD Kabupaten Sikka dari syarat dukungan minimal 20. 184 E-KTP. 

Bakal Calon Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo dalam sambuatan sebelum penyerahan dokumen mengatakan bahwa Paket Roma menyerahkan dukungan sebanyak 21.011 E-KTP dari syarat dukungan yang ditentukan. Pihaknya terus bekerja keras mengumpulkan E-KTP untuk menutup kekurangan apabila ada yang harus diperbaiki.

“Dari dukungan yang diserahkan kami tetap bekerja mengumpulkan KTP Elektronik. Langkah ini kami tempuh untuk memenuhi kekurangan jika ada perbaikan” kata pria muda yang akrab disapah Robi Idong ini.

Disaksikan Suara Flores, Istri Fransiskus Roberto Diogo dan Istri Romanus Woga hadir mendampingi  Paket Roma KPUD Sikka. Kedatangan Paket Roma diantar ribuan masyarakat pendukung dan diiringi musik gong waning.

Suara Flores Ketua KPUD Sikka, Vivano Bogar kepada media ini mengatakan bahwa dari jumlah dukungan minimal yang diserahkan akan dihitung oleh petugas verifikasi administrasi berdasarkan jumlah dukungan dan sebaran. Hal ini dilakukan untuk mengetahui besaran dukungan minimal yang sah.

Apabila dalam perhitungan jumlah minimal dan sebaran ada berkas yang tidak memenuhi syarat maka KPUD akan mengembalikan kepada pasangan balon agar dapat dilengkapi sampai dengan tanggal 29 November 2017 pukul 24:00 wita.

Sebelumnya Juru Bicara KPUD Sikka, Ferry Soge menjelaskan, berdasarkan ketentuan syarat dukungan minimal harus memenuhi 10% dari DPT Pemilu terakhir atau Pilpres (201.837 pemilih). Artinya syarat dukungan minimal yang harus diserahkan sebanyak 20. 184 E-KTP.

“Penyerahan berkas tidak boleh kurang. Harus sama dengan syarat minimal atau melebihi syarat minimal yang ditentukan” jelasnya.

Dijelaskan Ferry bahwa setelah diserahkan akan dilakukan verifikasi administrasi dilanjutkan verifikasi faktual oleh PPS. Setiap pemberi E-KTP akan didatangi satu persatu.

Apabila verifikasi administrasi sdh dilakukan maka secara aturan pasangan tersebut tak bisa lagi menempuh jalur lain atau melalui pintu partai politik.

“Kalau sudah melalui tahapan verifikasi administrasi maka final, tidak bisa lagi menempuh jalur lain. Hal ini dilakukan berdasarkan ketentuan pasal 34 PKPU Nomor 03 tahun 2017” katanya di ruang kerjanya sebelum penyerahan berkas dukungan Paket Roma, 28/11/2017.

Pantaun Suara Flores, langkah penyerahan syarat dukungan ini diawali dengan misa yang dipimpin 2 rohaniwan yaitu Pater Vande Raring, SVD dan Romo Antonius Janga. Misa ini dihadiri Paket Roma dan ratusan pendukung di Aula Hotel Nara Room, Desa Lepo Lima Kecamatan Alok Timur, Kabupaten Sikka. (yanes)