Parade Kebangsaan Hari Lahir Pancasila 1 Juni di Ende Diwarnai Hujan Lokal

by -19 Views

ENDE, SUARAFLORES.NET,- Pemerintah dan rakyat Ende, Flores, hari ini, Jumad (31/5/2019), menggelar Parade Kebangsaan dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila tanggal 1 Juni besok. Uniknya, Parade Kebangsaan kali ini diwarnai hujan di sekitar lokasi parade, seperi Lapangan Pancasila, Jalan Mahoni, dan Jalan Perwira.

Para peserta parade kebangsaan dari berbagai etnis sedang berjalan dibawa guyuran hujan. (Foto Dami Manans/Sfn)

Meski hujan mengguyur, semangat putra-putri peserta Parade Kebangsaan tetap semangat. Terbukti, peserta yang terdiri dari Dinas, Badan, Instansi, utusan dari masing- masing kecamatan,  sekolah dari tingkat SD hingga Perguruan Tinggi se Kota Ende, dan berbagai etnis, suku serta peguyuban tidak berpaling dari barisan parade. Mereka bergerak dari Rumah Pelabuhan Bung Karno, Markas Polisi Militer, Rumah Situs Bung Karno, Serambi Bung Karno, Katedral Ende, Makam Mertua Bung Karno ( Ibu Amsi hingga Taman Perenungan Bung Karno.

Disaksikan media ini, turut hadir Plt. Bupati Ende, Drs. H. Djafar H. Ahmad, dan para kepala dinas dan badan.  Suasana Parade Kebangsaan kali ini terlihat agak berbeda dengan kegiatan-kegiatan parade sebelumnya. Pasalnya, ada beberapa jenis kegiatan, seperti Parade Laut dibatalkan akibat rakyat Ende sedang berduka atas meninggalnya Bupati Ende, Ir. Marselinus Yosephus Winfried Petu pada Minggu dini hari, 26 Mei 2019 lalu di RS Siloam Kupang.

Pada kegiatan Parade Kebangsaan hari ini, Diskominfo Kabupaten Ende melakukan siaran langsung melalui Live Streaming dari pukul 08.00 pagi hingga selesai. Thema yang diusung tahun ini, yaitu “Pancasila Rumah kita, Dari Ende Untuk Indonesia. Terima Kasih Sang Kapten, Ir. Marselinus YW Petu.” (dami manans)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *