Pemakaman Mgr Hilarius Moa Nurak Diiringi ‘Gong Waning’ Sepanjang Jalan

by -1 Views

KUPANG, SUARAFLORES.CO –Pemakaman Yang Mulia, Mgr, Hilarius Moa Nurak, SVD, dihadiri ribuan umat, baik umat Katolik maupun umat beragama lain yang merasa empati besar pada sang uskup asal Maumere, Flores ini. Prosesi menuju tempat pemakaman Gua Maria Ratu Para Imam diiringi oleh Gong Waning (musik tradisional Maumere, Flores).

Seperti dikutip dari Bangkapos.com, Senin (2/5/16) petang, jenasah Uskup Hila diantar ke tempat peristirahatan terakhir. Sepanjang jalan alunan musik gong waning dari Flores terus berbunyi. Jenasah diarak mulai dari depan gereja menuju simpang tiga metro terus ke lampu merah ramayana, lewat gudang padi menuju kompleks keuskupan.

Sebelumnya, ribuan umat dari seluruh Gereja Katolik Keuskupan Pangkalpinang menghadiri Misa Requem (Arwah) bagi Mgr Hilarius Moa Nurak di Gereja Katedral Pangkalpinang. Ribuan umat memadati sisi kanan dan sisi kiri gereja untuk memberikan penghormatan terakhir kepada jenazah Mgr. Hilarius Moa Nurak.

Saat jam menunjukan pukul 12.00 Wib lonceng gereja berbunyi, barisan 60 pastor, belasan uskup berarak masuk ke dalam gereja. Lantunan syair syair lagu duka dinyanyikan anggota paduan suara menambah suasana hikmat misa requiem.

Ketua Konferensi Wali Gereja Indonesia, Mgr Ignasius Suharyo memimpin langsung perayaan ekaristi. Ruangan gereja katedral penuh sesak, kursi yang disiapkan di halaman gereja pun tak bisa menampung ribuan umat yang datang.

“Kita berkumpul untuk berdoa bersama, dengan rasa duka yang mendalam tetapi juga dengan kasih yang tulus kita berdoa bagi almharum, menghantar almahrum ke tempat peristirahatan yang terakhir,” ungkap Mgr Ignasius Suharyo.

Sekitar Pkl 14.47 Wib peti jenasah Mgr Hilarius dinaikkan di kereta kencana. Kereta ditarik belasan petugas. Ribuan umat ikut berjalan kaki menghantar jenasah.

GP Ansor Turut Kawal Pemakaman

Upacara pemakaman Mgr, Hilarius tidak hanya dihadiri oleh umat Katolik Keuspupan Pangkalpinang tetapi juga umat Muslim yang merasa kehilangan sosok Uskup Hilarius. Pimpinan Wilayah (PW) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kepulauan Bangka Belitung, tulis Bangkapos.Com, menyatakan turut menghadiri upacara pemakaman uskup MGR Hilarius Moa Nurak, SVD.

“Atas nama kemanusiaan kami Pimpinan Wilayah Gerakan Pemuda Ansor Provinsi Kepulauan Bangka Belitung beserta seluruh PC se Bangka Belitung turut berduka cita atas meninggalnya Monsinyur Hilarius Moa Nurak,” ungkap ketua PW GP Ansor, Masmuni Mahatma saat menghadiri upacara pemakaman, Senin (2/5).

Diberitakan sebelumnya, jenasah Mgr, Hilarius Moa Nurak akan dimakamkan, Senin (2/4/16) di Pemakaman Gua Maria Ratu Para Imam di Keuskupan Pangkalpinang. Jenasah uskup akan diusung dengan sebuah kereta (Kereta Kencana) yang akan dikawal ketat oleh biarawan dan umat.

Untuk diketahui, Mgr. Hilarius Moa Nurak,SVD meninggal dunia setelah dirawat di Rumah Sakit (RS) Mount Alvenia, Jumad (29/4) di Singapura. Informasi meninggalnya Uskup kelahiran Waingapu, Sumba Timur, 21 Februari 1943 ini, diterima SuaraFlores.Co, Jumad(29/4/16) sore, dari Ketua Perkumpulan Keluarga Maumere(PKBM) Kota Batam, Kepulauan Riau, Jones Jensen. (bkr/sf)/sun)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *