Pengelolaan Keuangan Desa Harus Tranparan

by -2 Views

RUTENG, SUARAFLORES.CO —  Sekretaris Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Manggarai, Drs. Yos Jehalut, meminta seluruh aparat desa  harus transparan dalam mengelolah keuangan desa.

“Pengelolaan keuangan desa harus terbuka dan diketahui publik. Laporan keuangan harus diinformasikan pada papan publik desa di lokasi pengerjaan proyek atau di tempat umum yang diketahui masyarakat luas,” pintah Jehalut dalam kegiatan. Bimbingan Teknis (Bimtek) Manajemen Pemerintahan Desa dan Pengelolaan Keuangan Desa bagi para kepala desa dan sekretaris desa se-Kabupaten Manggarai, Kamis (20/4/2016).

Mengenai penyaluran rekening desa, lanjut dia, diharapkan dapat dilakukan pada awal Mei. Semua ini  tergantung laporan penggunaan dan pertanggungjawaban karena masih ada desa yang belum melaporkan.

Selain itu, Jehalut juga meminta agar semua desa segera membangun jalan tani. Aparat desa harus berkoordinasi dengan instansi teknis, seperti Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) agar jalan tani bisa dibuka.

Ditamabahkannya, selain jalan tani, setiap desa harus melakukan penghijauan yang dilakuka secara rutin. “Ini semestinya gencar dilakukan,” demikian Jehalut.

Kegiatan ini dilakukan ada dua gelombang. Gelombang pertama mulai Senin lalu, dan gelombang kedua mulai Kamis hingga Sabtu. Jumlah desa yang mengikuti Bimtek ini 145 desa.

Selain Jehalut, ada juga narasumber lainnya, yaitu Kadis PPKAD, Inspektorat dan Bagian Hukum. Diharapkan dengan kegiatan ini akan menghasilkan output yang bagus. (Mpr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *