Plat Nomor Mobil Pertama dalam Sejarah Dunia Dibuat Prancis

by -7 Views

Negara Prancis adalah negara pertama di dunia yang membuat plat nomor kendaraan bermotor. Kepolisian di Kota Paris, Prancis pada Agustus 1893 pertama kalinya mengenalkan plat nomor ke dunia.

Seperti ditulis kejadiananeh.com, hal ini tercantum dalam aturan yang dibuat oleh mereka yang berisi kewajiban untuk memasang plat besi dalam kendaraan pribadi. 

Plat pribadi ini berisi nama pemilik kendaraan dan nomor khusus dari kepolisian. Jika sekarang plat nomor terpasang di bagian depan dan belakang mobil, dulu awalnya plat nomor wajib dipasang di bagian kiri mobil. Peraturan ini diberlakukan untuk seluruh kendaraan di Prancis, dan kemudian negara lain ikut menerapkan peraturan yang serupa.

Selanjutnya, sebagaimana carmudi.co.id, plat nomor kendaraan sering dianggap sepele, padahal fungsinya penting sebagai identitas resmi dari otoritas berwenang. Hampir setiap negara memberlakukan sanksi berat bagi kendaraan yang tidak dilengkapi plat nomor.

 Nomor ini tercetak pada sepotong plat besi atau plastik, bahkan di Malaysia boleh berupa stiker untuk bagian depan. Kepolisian menggunakan plat nomor untuk melacak pelaku tindak kejahatan yang memakai kendaraan, atau identitas dari suatu kendaraan yang hilang dicuri.

Hadirnya plat nomor kendaraan ini hampir sama tuanya dengan mobil itu diciptakan. Namun, negara yang pertama kali menciptakan plat nomor ternyata adalah Prancis.

Otoritas di Perancis saat kendaraan bermotor mulai berkembang pesat memikirkan cara bagaimana untuk memberi nomor urut kendaraan tersebut. Dikutip dari Autoevolution, Ordonansi Kepolisian Paris pada tahun 1893 memperkenalkan penggunaan plat nomor untuk pertama kalinya untuk wilayah Seine.

Kemudian pada 1901 plat nomor resmi digunakan oleh seluruh warga Perancis. Plat nomor kendaraan pada awalnya terdiri dari tanda pengenal yang dibuat oleh pemilik, melekat pada mobil dan ditampilkan setiap saat.

Kemudian, pemerintah Belanda mulai menggunakan plat nomor kendaraan secara nasional di tahun 1898. Setelah negeri kincir angin, barulah Jerman mengikuti dan mengadopsi aturan serupa.

Fungsi plat nomor sejak awal diperkenalkan sampai sekarang tidak banyak berubah. Dahulu pada dekade 1890-an jumlah kendaraan bermotor di Benua Biru semakin banyak. Penegak hukum membutuhkan cara untuk melacak pelaku kejahatan yang menggunakan kendaraan dalam aksinya.

Fungsi plat nomor juga diperlukan dalam identifikasi kasus tabrakan atau kerusakan lain pada properti publik. Pihak berwajib kemudian memanfaatkan plat nomor kendaraan untuk melacak pemiliknya dan meminta pertangggungjawaban.(kejadiananeh.com/
carmudi.co.id)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *