PMKRI Demo Desak Pemda Sikka Siapkan Dokter Kandungan

by -21 Views

MAUMERE, SUARAFLORES.CO—Perhimpunan Mahasiswa Katolik Indonesia (PMKRI) Cabang Sikka, NTT, menggelar aksi demonstrasi menuntut disediakannya tenaga dokter kandungan untuk melayani para ibu bersalin.

Aksi yang digelar, Kamis (19/5/16) di Lapangan Kota Baru  Maumere ini meminta Bupati Sikka segera menghadiran  para dokter dalam waktu dekat.

“Kami tuntut pemerintah segera adakan dokter untuk melayani kaum ibu melahirkan. Perjuangan kami ini untuk kaum ibu dan anak, karena sudah banyak ibu dan anak yang menjadi korban karena tidak ada dokter kandungan,” kata Ketua PMKRI Cabang Maumere, Desi Daramos Bitan.

Pihaknya juga mengatakan bahwa Pemerintah Sikka seolah diam membairkan kaum ibu dan anak terus mati.

“Sangat aneh, pemerintah membiarkan kaum ibu mati dan bahkan ada yang harus lari ke Larantuka, Flores Timur untuk bersalin,” tegasnya.

Pantauan media ini aksi demo ini dikawal ketat oleh aparat polisi dari jajaran Polres Sikka. Hingga berita ini diturunkan aksi demo masih terus berlanjut.

Diberitakan sebelumnya, Kabupaten Sikka sedang mengalami krisi doter ahli kandungan. Kaum ibu harus melahirkan dengan cara operasi sesar yang dirujuk ke Rumah Sakit, dr. Hendrikus Fernandes Larantuka, Kabupaten Flores Timur.

Data yang dihimpun SuaraFlores.Co, (14/05/2016) lalu, terdapat 8 orang ibu melahirkan dengan cara operasi sesar. Syukur 8 pasien tersebut selamat hingga di Rumah Sakit, dr. Hendrikus Fernandes Larantuka setelah menempuh perjalanan kurang lebih 140 Km. (M-16)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *