Puluhan Ribu Warga Ruteng Sambut Jiangpeng Sang Juara Etape 4

by -23 Views
Suara Flores

RUTENG, SUARAFLORES.NET—Kehebatan pebalap Negeri Tirai Bambu (Cina), Jiangpeng Liu patut diapresiasi. Berbekal fisik dan semangat tempur taklukan alam Flores, Liu berhasil menjadi manusia tercepat yang menjuarai etape 4 Bajawa-Ruteng, Minggu (22/5/16).

Liu yang tampak gembira dielu-elukan puluhan ribu warga gegap gempita, menyabet catatan waktu 3:48:52. Pebalap Tour de Flores dari Wisdom Hengxiang Cyling Team ini  terlihat bangga luar biara setelah membelah bukit, gunung dan lembah dari Bajawa hingga Bumi Kopi Ruteng, Manggarai.

Posisi kedua dalam etape 4 ini direbut oleh Benjamin Prades dari Team Ukyo yang berkebangsaan  Spanyol. Prades menyabet catatan waktu 3:48:51 atau selisih 00:02 detik. Sedangkan pebalap Jinan Cyling Team merebut Jai Crawford merebut posisi ketiga dengan waktu 3:48:51.

Dalam etape 4 ini, pebalap Timnas Indonesia, Robin Manulang  yang semula dalam etapet 3 Ende-bajawa meraih poisis 4, hanya urut dada karena ia turun di posisi ke-9. Meskipun Robin adalah calon kuat yang akan meraih Bank BRI Blue Jersey atau pebalap terbaik ASIA, ia hanya menoreh catatan waktu 3:49:22.

Diberitakan sebelumnya, para penggila balapan sepeda Tour de Flores (TDF) merobek kabut lembah dan bukit hijau mempesona menuju ‘Bumi Kopi Manggarai Nikmat.

Setelah menuntaskan etape 3 Ende-Bajawa, Sabtu (21/5) yang berakhir di Kota Bajawa, hari ini pebalap kelas internasional mengayuh roda gila dalam etape 4  Bajawa- Ruteng.

Data yang berhasil diperoleh media ini, menyebutkan ada sekitar 81 orang pebalap, 5 lainnya tidak mengikuti pertarungan karena mengalami cedera.    Jarak tempuh yang dilalui para peserta adalah 136,6 kilometer. Lebih jauh dari sebelumnya, 123,3 kilometer. (m-16/mkr)