Rakyat Pedalaman Adonara Solid Menangkan Jokowi-Amin

by -17 Views

LARANTUKA, SUARAFLORES.NET,–Rakyat di pedalaman Pulau Adonara Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) kompak nyatakan sikap siap memenangkan Pasangan Capres-Cawapres 01 Jokowi-Ma’aruf Amin pada Pilpres 17 April 2019 mendatang. Warga desa pedalaman yang sudah komit menyatakan dukungan penuh, seperti Desa Nubalema 2, Dusun Lamaluo Desa Horowura Adonara Tengah, Kampung Tewelu Kelurahan Lamatewelu, kemudian warga Desa Balaweling Notan Kecamatan Witihama.

Mereka bahkan secara tegas nyatakan, pilihan terhadap Jokowi-Amin itu adalah sebuah keniscayaan atas prestasi kerja yang ditunjukan Presiden Jokowi selama 5 membangun Indonesia bersama Kabinet Kerjanya ,seperti yang dirasakan saat ini di Pulau Adonara. Contoh keberhasilan era Jokowi adalah infrastruktur jalan yang terus membaik, masuknya investasi bisnis dibidang pertanian seperti Triper asal Belanda yang membeli Vanili milik petani dengan harga tinggi, program dana desa yang memacu geliat pembangunan di desa, program kelistrikan masuk desa, investasi bidang kelautan dan perikanan, serta sektor lainnya.

Selain itu, yang paling ditunggu-tunggu saat ini adalah pembangunan Jembatan Palmerah Pancasila yang menghubungkan Pulau Adonara-Pulau Flores, serta terbentuknya Daerah Otonomi Baru (DOB) Kabupaten Adonara. Tokoh masyarakat Horowura Adonara Tengah, Natanael Si Ola Leweran, Kamis, (7/02/2019) siang mengatakan, pihaknya sudah komit memenangkan pasangan 01 Jokowi-Amin. Karena merupakan sosok pemimpin yang sangat menghormati alamnya, rakyatnya, adat dan budaya.

“Jokowi-Amin juga adalah tipe pemimpin yang selalu mampu menyelesaikan masalah tanpa mengintimidasi rakyatnya. Ia (Jokowi,red) juga sangat menghormati para pemimpin adat. Dan, itu sangat dirasakan juga oleh Kami masyarakat adat di daerah-daerah terpencil meski Kami belum pernah bertatap muka dengannya,”sebut warga dalam dialog dengan Suaraflores.net secara terpisah.

Menurut mereka, nilai-nilai keteladanan dari seorang pemimpin yang sederhana dan merakyat, tapi juga pekerja keras serta bersih dari korupsi yang ditunjukkan Jokowi selama inilah yang membuat dirinya dan seluruh warganya terus jatuh cinta. Apalagi, saat ini Beliau (Jokowi,red) berpasangan dengan Amin Ma’aruf, seorang tokoh Islam Indonesia yang sangat tinggi menjunjung nilai-nilai toleransi dan kemanusiaan.

Sementara itu,  masyarakat Tewelu Kelurahan Lamatewelu Adonara Timur saat bertatap muka dengan Caleg Partai NasDem DPRD Flotim nomor urut 2, Bernardus Boro Tupen, Minggu, (10/02/2019) malam secara spontan dan penuh semangat kompak nyatakan dukungannya kepada Jokowi-Amin (01).

Bahkan, salah satu Tokoh Pemuda, Martinus Kopong, yang juga menjabat sebagai Kepala Lingkungan dengan terang meminta agar Presiden Jokowi dapat memenuhi tuntutan pihaknya mengembalikan Kelurahan Lamatewelu menjadi Desa. Pasalnya, sebut Martinus, perjuangan warganya untuk kembali ke Desa yang telah dilakukan selama ini tidak pernah dijawab oleh Pemerintah Daerah dan DPRD Flores Timur hingga saat ini.

Martinus menyebutkan, warganya merasa telah ditipu oleh para pejabat pemerintah dan DPRD Flotim, termasuk Camat Adonara Timur, Damianus Lamawuran,SH saat Forum Musrengbangdes, Jumad (18/1/2019), yang menyatakan bahwa Perda terkait Kelurahan Lamatewelu Kembali ke Desa sudah ada yakni Perda Nomor 23 Tahun 2015.

Padahal, hingga saat ini, Lamatewelu tetap berstatus kelurahan. Terkait hal ini, Martin Kopong meminta Presiden Jokowi memberikan teguran keras kepada pejabat di daerah Flotim yang terkesan telah membuat berita bohong atau hoax.

“Kami siap dukung dan menangkan Jokowi-Amin, tapi tolong jawab permintaan kami yakni kembalikan Kelurahan Lamatewelu ke Desa. Apalagi ruang penataan desa kan telah dibuka secara luas oleh Pasal 12 UU No.6 Tahun 2014 dan Lamatewelu sangat memenuhi kriteria itu,”pungkas Martin lagi. (Roberth/SFN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *