Rasakan Kelembutan Air Terjun Taman Mataru

by -1 Views

KALABAHI, SUARAFLORES.CO — Air Terjun Taman Mataru merupakan salah satu objek wisata alam yang terletak di Dusun I Legiman, Desa Taman Mataru, Kecamatan Mataru, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Air terjun ini sedang dalam tahap pengembangan untuk menjadi destinasi wisata andalan di Kabupaten Alor selain Obyek Wisata Taman Bawah Laut, Wisata Budaya, Wisata Pantai dan Pegunungan.

Air Terjun Taman Mataru dalam bahasa setempat disebut dengan nama Beintal. Menurut cerita yang beredar di masyarakat, lokasi air terjun ini dulunya merupakan pusat penyimpanan benda-benda pusaka pada masa perang dahulu.

Di kawasan Air Terjun Taman Mataru, penduduknya masih memiliki tradisi dan budaya yang relatif masih asli. Selain itu, beberapa faktor pendukung seperti makanan khas, sistem pertanian dan sistem sosial turut mewarnai kawasan ini.

Di luar faktor-faktor tersebut, sumberdaya alam dan lingkungan alam yang masih asli dan terjaga di kawasan ini merupakan salah satu faktor penting yang bisa menjadikan Desa Taman Mataru sebagai kawasan Desa Wisata.

Untuk mencapai Air Terjun Taman Mataru ini, Anda dapat menggunakan sepeda motor ataupun mobil dengan jarak tempuh sekitar 1 – 2 jam dari pusat Kota Kalabahi, dan kemudian berjalan kaki selama sekitar 45menit tapi jangan khawatir karena di sepanjang perjalanan anda akan ditemani oleh kicauan bermacam-macam burung dan pemandangan khas pegunungan Alor seperti pepohonan Kenari, kemiri, dan pinang.

Desa Taman Mataru juga merupakan suatu kawasan pedesaan yang menawarkan keseluruhan suasana yang mencerminkan keaslian pedesaan baik dari kehidupan sosial ekonomi, sosial budaya, dan adat istiadat, dengan struktur tata ruang khas pedesaan yang menarik. Ayo berkunjung ke sana. (Sumber: BETA NTT/ No Ayu Zoom Alor/sf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *