Rayakan Kemenangan Jokowi, Srikandi Nusantara Ajak Perempuan Indonesia Kembali Bersatu

by -13 Views

JAKARTA,SUARAFLORES.NET,–Organisasi perempuan Indonesia, Srikandi Nusantara (SN) merayakan syukuran kemenangan Calon Presiden dan Wakil Presiden, #01 Joko Widodo-Ma’aruf Amin di kaki Gunung Salak, Curug Nangka, Bogor, Jawa Barat, Rabu (1/5/2019). Dalam suasana gembira bernuansa sederhana berbalut kabut dan udara dingin rintik-rintik hujan di puncak Vila Sido Mukti, pengurus Srikandi Nusantara dari Jabodetabek serta Jawa Timur berkumpul di bukit yang dikitari hijauanya pepohonan segar. Mereka terlihat penuh suka cita bahagia menyambut kemenangan Jokowi-Amin dalam Pilpres 17 April 2019 lalu.

Pose bersama pengurus dan anggota Srikandi Nusantara di sela-sela acara syukuran Terpilihnya Jokowi-Amin dalam Pilpres 17 April 2019.

Meski tampak sangat sederhana dalam sebuah ruangan kecil yang dihiasi tulisan “Syukuran Atas Terpilihnya Bapak Ir. H. Joko Widodo dan KH. Dr. Ma’ruf Amin Sebagai Presiden dan Wakil Presiden 2019-2024,”acara tersebut berlangsung sangat hikmad diawali dengan doa syukur yang dibawakan oleh Nurhasanati dan Ibu Dedeh. Usai doa, suasana persatuan dan kesatuan nasional kian terasa kental dikala lagu Kebangsaan Indonesia Raya berkumandang. Lagu Indonesia Raya yang dipimpin sang dirijen Brigita Eka dinyanyikan serentak oleh seluruh pengurus dan anggota serta undangan yang hadir.

Ketua Umum DPP Srikandi Nusantara, Lenny Purba, yang tampil prima dalam kesempatan itu mengucapkan apresiasi yang tinggi terhadap seluruh pengurus DPP, DPD dan DPC Srikandi Nusantara seluruh Indonesia yang telah berjuang dan bekerja keras dengan berbagai cara memenangkan #01 Jokowi-Amin. Meski KPU-RI belum secara resmi mengumumkan kemenangan Jokowi-Amin, namun berdasarkan hasil quick count dan perhitungan KPU sementara ini, Jokowi-Amin sedang unggul. Lenny Purba juga menyerukan persatuan dan kesaatuan nasional semua perempuan Indonesia pasca pemilu 2019 karena menurutnya saat ini rakyat sedang terbelah dalam istilah “Kampret” dan “Cebong”

Ketua Umum DPP Srikandi Nusantara, Lenny Purba dan Ketua DPD Srikandi Jawa Timur, Astuti Ningrum dan Ketua Panitia Syukuran, Surbhakti sedang menyaksikan pemotongan tumpeng.

“Saya ajak kita semua, perempuan 01 maupun 02 harus kembali bersatu sesuai dengan Sila Ketiga Pancasila yang berbunyi Persatuan Indonesia. Tidak ada lagi 01 dan 02, tidak adalagi istilah “Kampret” dan “Cebong” yang ada adalah Persatuan Indonesia. Jadi marilah kita kembali merajut persatuan dan kesatuan,”kata Lenny Purba sembari menambahkan bahwa Srikandi Nusantara siap terus menjalankan program-program pemberdayaan perempuan bagi semua perempuan Indonesia tanpa lagi membedakan perempuan 01 dan perempuan 02 atau juga “Kampret” dan “Cebong.”

Ia juga memberikan apresiasi yang tinggi atas kerja keras para aktivis Srikandi Nusantara yang telah memenangkan Jokowi-Amin, secara khusus di Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Banten. Meski pun di Jawa Barat dan Banten Jokowi-Amin kalah, namun dia memuji kerja keras para relawan perempuan yang telah berhasil menang di TPS nya masing-masing, secara khusus Ibunda Iin yang menang di 4 TPS wilayah tempat tinggalnya. Bukan itu saja, Lenny Purba juga mengucapkan selama kepada para caleg anggota Srikandi Nusantara yang maju dalam Pileg 2019 dan lolos menjadi anggota DPR, dan bagi yang belum berhasil dia mendorong agar terus mempersiapkan diri lima tahun mendatang dengan terus bekerja menjalankan program Srikandi bagi kaum perempuan di wilayahnya masing-masing.

“Berdasarkan hasil Quic Count saat ini kita mendapatkan suara di atas 56 prosen bagi Jokowi-Amin, dan itu yang patut kita syukuri. Saya merasa bangga dengan kemenangan yang kita raih dengan kerja keras kita melalui cara masing-masing. Untuk itu saya minta kepada seluruh relawan Srikandi Nusantara agar tetap sabar menunggu sembari melakukan pengawalan terhadap proses penghitungan suara hingga selesai,”pinta Lenny. Ke depan, kata Lenny, Srikandi Nusantara harus mengawal seluruh program-program Jokowi-Amin, secara khusus program-program yang bisa dilakukan oleh Srikandi Nusantara di bidang pendidikan dan ekonomi kreatif perempuan,” kata Lenny Purba.

Sedangkan, Ketua Dewan Pembina Srikandi Nusantara, IIn Setyani, menegaskan bahwa Srikandi Nusantara adalah perempuan-perempuan hebat dan kompak, yang telah kurang lebih satu tahun berjuang membangun organisasi yang fokus pada pemberdayaan perempuan, dan juga telah mengabdi untuk nusa dan bangsa dalam memenangkan Jokowi-Amin.Dia meminta semangat kerja sama, persatuan dan kesatuan serta kekompakan harus tetap terjaga dalam melaksanakan berbagai program.

Dikatakannya, Srikandi memang baru satu tahun berkarya di berbagai provinsi dan kabupaten dengan melakukan kegiatan pemberdayaan ekonomi kreatif perempuan, pelatihan dan kursus-kursus. Gerakan Srikandi lebih fokus ke akar rumput, atau masyarakat kecil untuk memberdayakan ibu-ibu rumah tangga untuk meningkatkan eknominya. Dia meminta agar seluruh perempuan hebat Srikandi harus menjadi agen-agen perubahan minimal bagi lingkungan sekitarnya.

Ketua DPP Srikandi Nusantara, Lenny Purba bersama Ketua DPD Srikandi Jatim, Astuti Ningrum bersama pengurus pose di bukit Vila Sido Muncul, kaki Gunung Salak.

Ketua DPD Srikandi Nusantara Jawa Timur, Astuti Ningrum yang didaulat memberikan sambutan mewakili seluruh DPD, memberikan apresiasi terhadap seluruh Panitia, Pembina dan Ketua DPP Srikandi Nusantara yang telah berhasil menyelenggarakan Syukuran Terpilihnya Bapak Jokowi-Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden 2019-2024. Dia merasa sangat bersyukur bisa menghadiri acara syukuran. Dia juga bersyukur karena dengan bergabung di Srikandi, ia banyak belajar tentang organisasi dan berbagai program Srikandi Nusantara. Ke depan, dia berharap segera dilaksanakan Rakernas Srikandi Nusantara untuk mamantapkan program nasional di seluruh Indonesia.

“Saya merasa sangat bahagia bisa hadir bersama rekan-rekan semua. Saya sangat bersukur dan berterima kasih karena saya banyak belajar dari Srikandi tentang organisasi. Saya tertarik karena Srikandi punya program-program yang jelas. Tidak mudah saya merekrut pengurus di Jatim karena tidak semua perempuan suka terlibat dalam kegiatan organisasi. Ke depan saya berharap harus segera dilaksanakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I untuk membahas, memantapkan serta mensinergiskan seluruh program nasional yang akan kita jalankan secara serentak dan bersama-sama,” kata Astuti yang juga adalah Caleg DPR dari PSI yang meraup suara signifikan di Jawa Timur.

Sementara itu, Ketua Panitia Syukuran Jokowi-Amin, Surbhakti, dalam laporannya menjelaskan bahwa acara syukuran ini adalah inisiatif murni dari DPP Srikandi Nusantara yang didukung oleh DPC DKI Jakarta, Banten, Tanggerang Selatan, Depok, Bogor dan Malang, Jawa Timur. Acara ini kata dia, dapat dilaksanakan berkat urungan para pengurus dan anggota, secara khusus Bunda Sri Pujiastuti yang telah menyediakan tempat acara. Dia berharap, ke depan Srikandi Nusantara dapat melakukan kegiatan-kegiatan yang lebih besar dan lebih meriah.

Disaksikan media, sebelum acara pemotongan tumpeng yang dipandu Bunda Surti Rini, suasana terlihat hening penuh haru saat, Bunda Dedeh, seorang aktivis Srikandi Kota Bogor, mengisahkan suka duka hidupnya menjadi seorang guru Paud yang diperlakukan tidak adil dalam hal mendapatkan bantuan pendidikan dari pemerintah. Jatah dana bantuan pendidikan dari Kementerian Pendidikan sebesar Rp75 juta yang ia ajukan melalui proposalnya, dikebiri berkali-kali di setiap tingkatan hingga dana tersebut tiba di tangannya hanya Rp20 juta rupiah.

“Sebagai seorang pendiri atau guru Paud saya sangat kecewa, marah dan merasa sedih, tapi saya tidak bisa berbuat banyak. Saya ajukan proposal untuk mendapatkan dana bantuan pendidikan bagi PAUD saya. Dana itu sebesar Rp75 juta. Namun, dana tersebut di potong dua kali, dari Rp75 juta jadi Rp45 juta dan saya terima hanya Rp20 juta. Dengan uang sedikit ini saya mau buat apa untuk sekolah saya dan untuk anak-anak saya. Apalagi dalam setiap kunjungan pengawas dari dinas ke sekolah saya, saya harus siapkan makan minum dan juga amflop untuk transportasi,” ungkap Bunda Dedeh dengan raut wajah muram sedih.

Perempuan berjilbab merah muda yang menjadi relawan militan Jokowi-Amin yang mengaku rutin dan kusuk berdoa untuk kemenangan Jokowi dalam Pilpres 2019 ini, berharap Jokowi menang dalam Pilpres 2019 dan memberikan perhatian khusus kepada PAUD-PAUD serta menindak tegas pegawai di dinas pendidikan yang bekerja tidak adil dan tidak jujur dalam melayani masyarakat kecil.

Pantauan media,sebelum dilaksanakan acara syukuran yang dimulai sekitar pukul 01.00 WIB, pada pagi hari ketika kabut putih menyelimuti Gunung Salak dan rimbunnya pepohonan hijau mempesona, puluhan pengurus dan anggota Srikandi Nusantara menghangatkan tubuh mereka dengan kegiatan Senam Sehat dan Bugar di depan halaman Vila Sido Mukti yang diiringi dengan irama musik. (bungkornell/sfn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *