Robek Kabut Dingin, Pebalap Menuju Bumi Kopi Manggarai Nikmat

by -14 Views
Suara Flores

BAJAWA, SUARAFLORES.NET—Para penggila balapan sepeda Tour de Flores (TDF) merobek kabut lembah dan bukit hijau mempesona menuju ‘Bumi Kopi Manggarai Nikmat,” Minggu,(22/5/16) hari ini.

Setelah menuntaskan etape 3 Ende-Bajawa, Sabtu (21/5) yang berakhir di Kota Bajawa, hari ini pebalap kelas internasional mengayuh roda gila dalam etape 4  Bajawa- Ruteng.

Data yang berhasil diperoleh media ini, menyebutkan ada sekitar 81 orang pebalap, 5 lainnya tidak mengikuti pertarungan karena mengalami cedera.    Jarak tempuh yang dilalui para peserta adalah 136,6 kilometer. Lebih jauh dari sebelumnya, 123,3 kilometer.

Bupati Ngada, Marianus Sae saat melepas etape 4 Bajawa-Ruteng penuh suka cita. Meskipun sebelumnya, Bupati tidak mau mengalokasikan anggaran TDF, namun dalam kesempatan itu dia menegaskan bahwa tahun depan Pemerintah dan DPRD Ngada akan mengalokasikan anggaran untuk TDF.

“Kami akan alokasikan anggaran, dan akan mempersiapkan event Tour de Flores lebih baik lagi,” tandasnya di halaman Kantor Bupati Ngada.

Para racer menjadi rebutan penonton yang merupakan masyarakat Kota Bajawa. Banyak yang selfi bersama. Anak anak sampai orang tua, khususnya remaja putri dan para ibu rumah tangga pun tidak ketinggalan mengabadikan momen bersejarah pertama untuk Flores ini.

Diberitakan sebelumnya pebalap Ronal Young dari Wisdom Hexiang Cycling Team asal Hongkong berhasil menjadi juara dalam etape 3 Ende-Bajawa.

Young meraih Lippo Red Jersey atau sebagai juara etape 3 dengan catatan waktu 3:34:14. Dia menyisihkan juara etape I, Cristie Jason dan juara etape 2 Daniel Witehouse.

Posisi kedua pada etape ke 3 diraih pebalap asal Perancis,Benyamin Prades dari Team Ukyo dengan catatan waktu 3:34:16.

Sementara itu, pada posisi ke- 3 diraih pembalap dari Geunsam Insam Cello, Hyeongmin Choe dengan catatan waktu 3:34:16, sedangkan pembalap Indonesia, Robin Manulang berada pada posisi ke- 4 dengan catatan waktu yang sama 3:34:16. (m-16/sf/ld)