Sabuk Hijau akan Melingkari Bendungan Raknamo

by -20 Views

KUPANG, SUARAFLORES.NET,–Di kawasan hulu Bendungan Raknamo, Kabupaten Kupang akan dibuat konsevasi hutan untuk menciptakan green belt (sabuk hijau) yang akan mengelilingi bendungan. Kawasan ini akan menjadi obyek wisata yang sangat menarik.  

“Sabuk hijau ini semacam kebun raya yang bisa menjadi obyek wisata baru.Untuk membuat sabuk hijau ini maka ditanam berbagai jenis pohon yang melingkari bendungan itu,” kata Kepala Dinas PU NTT, Andreas W. Koreh, usai melakukan penanaman pohon di kawasan Bendungan Raknamo, Senin (28/11/2017) bersama Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono.

Selain itu, akan dibangun pula jalan sepanjang 8,7 km mengelilingi bendungan. Untuk keamanan dan kenyamanan hukum, pemerintah juga akan membuat rencana detail kawasan strategis kabupaten dan persiapan sertifikasi aset untuk menghindari terjadinya alih fungsi lahan di kemudian hari oleh masyarakat.

Untuk diketahui, dari pantauan media ini, saat ini Bendungan Raknamo sudah menjadi obyek wisata baru. Meski belum selesai, sudah terlihat banyak warga mengunjungi Raknamo untuk berwisata ria. Warga yang datang setiap minggu atau pun pada hari-hari tertentu, bukan saja warga dari NTT tetapi ada pula warga dari luar Negeri, yaitu Timor Leste bahkan dari negara lainnya.

Dengan adanya Bendungan Raknamo, Kabupaten Kupang bakal makin berkembang dalam bidang pariwisata. Pasalnya, setiap wisatawan yang ingin menyaksikan kehijauan alam harus membayar retribusi atau karcis masuk. Tentunya, semua ini harus dimanfaatkan dan dikelolah secara baik oleh pemerintah, termasuk perputaran uang di dalam obyek wisata yang pasti menghidupkan pedagang.

“Bendungan Raknamo, selain menampung air dalam skala besar dan menjadi pembangkit listrik, juga  akan menjadi kawasan wisata baru yang sangat menarik dan menakjubkan karena dikitari oleh sawah petani dan bukit serta pohon-pohon hijau,” terang Ir, Muhammad Majid yang mewakili Direktorat Sumber Daya Air  (SDA) saat meletakan dasar (Main Dam) pengerjaan tahap dua bendungan Raknamo, di Kabupaten Kupang tahun lalu.

Disaksikan media ini, kawasan Bendungan Raknamo Maha Karya Presiden Jokowi ini sangat luas. Bila berdiri di atas bukit sebelah utara pengunjung akan melihat secara keseluruhan kawasan bendungan tersebut. Di sekitarnya ada bukit dan pepohonan hijau.(bkr/sft)