SDI Longos Bak Kandang Hewan, 6 Tahun Dibiarkan Tetap Rusak

by -16 Views

RUTENG, SUARAFLORES.CO– Sekolah Dasar Inpres (SDI) Longos di kampung Longos, Desa Beakondo, Kecamatan Satar Mese Barat, Kabupaten Manggarai, Propinsi Nusa Tenggara Timur sudah lama tidak terawat. Sekolah itu tampak  seperti kandang hewan. Saat ni tinggal dua kelas yang terpaksa dipakai untuk kegiatan belajar mengajar.

Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Adrianus Nompidura, S.Ag, kepada media ini, Sabtu (16/4/2016) mengatakan sudah 6 tahun kerapuhan tersebut dialami namun belum juga terawat.

“Kami sudah membawa proposal ke Dinas PPO Kabupaten Manggarai dan DPRD Kabupaten Manggarai dari tahun 2015 lalu, namun belum terealisasi,” terang Adrianus.

Menurutnya, proposal tersebut diantar ke Sekretariat DPRD, satunya diserahkan ke Ibu Lena Manul Anggota DPRD Manggarai dari Partai PAN, sedangkan satunya diserahkan ke Sekretariat Dinas PPO melalui pegawai yang bertugas.

Setelah proposal tersebut diserahkan ada upaya perbaikan, namun anehnya hanya jamban saja yang sudah dikerjakan. Semestinya, aku dia, harus satu paket dengan perbaikan sekokah tersebut.

Dikeluhkannya,  anggota  DPRD dari Dapil Satar Mese dan Satar Mese Barat kerap reses ke sekolah tersebut, namun hingga kini tidak ada sentuhan.

“Saya jengkel dengan anggota dewan yang hanya tahu memanfaatkan reses untuk memperoleh SPPD dan menghabiskan anggaran negara. DPRD apa model begitu, masyarakat jangan pilih lagi ke depan,” tegasnya geram.

Dia  juga berhapa Pemkab Manggarai harus segera memperhatikan sekolah tersebut.

“Saya melihat belum ada perhatian dari instansi terkait terutama Dinas PPO Kabupaten Manggarai. Bupati dan Wakil Bupati mesti segera eksekusi bangunan sekolah yang rusak itu. Kasihan anak-anak sekolah harus terkena guyuran hujan saat hujan deras. Selain itu, lantai yang ambruk, rusak-rusak menimbulkan debu yang bisa menciptakan asma pada anak-anak,” ujarnya. (Melky Pantur)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *