Seberapa efektif ‘car free day’ demi kurangi polusi?

by -10 Views

Tingkat polusi di Mexico City pernah mencapai 398 pada 1992 sehingga PBB menobatkan kota tersebut sebagai kota dengan tingkat polusi terparah di dunia.

Ibu kota Meksiko terletak di sebuah lembah yang dikelilingi pegunungan berapi. Posisi ini membuat polusi yang dikeluarkan jutaan kendaraan seakan terjebak di dalam kota berpenduduk 23 juta orang.

Sekadar catatan, tingkat polusi di Mexico City pernah mencapai 398 pada 1992 sehingga PBB menobatkan kota tersebut sebagai kota dengan tingkat polusi terparah di dunia.

Untuk mengurangi polusi, kota ini mengeluarkan aturan bagi penduduknya untuk tidak mengendarai mobil pribadi maupun milik pemerintah. Larangan yang diberlakukan mulai 5 April hingga 30 Juni mendatang itu diterapkan satu hari setiap pekan dan satu Sabtu setiap bulan. Pengecualian diberikan kepada mobil hybrid dan mobil listrik, kendaraan layanan publik, transportasi publik, serta bus sekolah.

Strategi ini bukan hal baru bagi penduduk Mexico City. Pemerintah kota tersebut telah menerapkan larangan berkendara dalam berbagai wujud selama 30 tahun terakhir. Mexico City juga bukan kota pertama yang memberlakukan ‘car free day’.

Pada 27 September 2015, Paris menerapkan Une Journée Sans Voiture alias hari tanpa kendaraan untuk kali pertama dalam sejarah kota. Tentu pengecualian diberikan kepada kendaraan layanan publik, seperti ambulans. Langkah itu lalu ditiru ibu kota Belgia, Brussels, yang memberlakukan ‘car free day’ pada Minggu.

Namun, bedanya dengan Paris yang menerapkan hari tanpa kendaraan untuk membangkitkan perhatian masyarakat mengenai polusi, Mexico City punya tujuan yang lebih mendesak. Bulan lalu, ibu kota Meksiko ini diselimuti asap cokelat nan tebal. Menurut perhitungan skala indeks Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat, asap itu mencapai angka 200 atau kurang satu poin untuk masuk ke kategori berbahaya.

Pemerintah kota langsung menempuh langkah drastis, menyatakan siaga polusi udara pertama dalam 11 tahun. Selanjutnya, pemerintah kota memerintahkan 1,1 juta kendaraan berhenti melaju dan menawarkan layanan bus dan kereta bawah tanah gratis sebagai insentif.

Larangan sementara bagi kendaraan di Mexico City dan acara hari tanpa kendaraan di Paris dan Brussels mencuatkan pertanyaan tentang cara terbaik memperbaiki kualitas udara.

Pada parade militer Hari Kemenangan, 3 September 2015, tingkat polusi turun drastis dan langit kota Beijing berwarna biru.

Pengalaman kota lain

India, yang penduduk kotanya menghirup udara terkotor di dunia, telah mencoba berbagai solusi, termasuk mengubah mesin diesel 1.600 bus kota dan 25.000 bajaj ke mesin berbahan bakar gas alam.

Tahun lalu, Kota Delhi mengemukakan rencana yang membuat semua kendaraan beroperasi secara bergantian. Caranya, menetapkan hari tertentu bagi kendaraan bernomor polisi dengan akhiran nomor ganjil dan genap. Melalui cara ini, kendaraan berplat nomor ganjil tidak meluncur pada hari yang sama dengan kendaraan berplat nomor genap.

Sebelumnya, pemerintah India melarang kendaraan berbahan bakar diesel berusia lebih dari 10 tahun untuk beroperasi. Kemudian, awal tahun ini pemerintah memasang tarif pajak sebesar 4% untuk pembelian mobil baru.

Aturan agar semua kendaraan tidak melaju pada hari yang sama telah diterapkan Kota Beijing menjelang Olimpiade 2008 dan parade militer Hari Kemenangan pada 2015. Dalam dua kesempatan itu, tingkat polusi turun drastis dan langit kota Beijing berwarna biru. Namun, begitu aturan dicabut, langit kota kembali abu-abu.

Ada pula kota yang mewajibkan pengendara mobil membayar uang apabila ingin mengoperasikan kendaraannya pada jam-jam sibuk, seperti London. Di ibu kota Inggris ini, tarif untuk satu mobil mencapai £11,50 atau sekitar Rp214.000 (naik £5 sejak 2003).

Di samping menambah pundi-pundi kota hingga miliaran pound, langkah ini terbukti efektif menurunkan tingkat polusi. Selama setahun pertama, badan Transport for London melaporkan taraf karbondioksida dan zat partikulat berbahaya turun lebih dari 13%.

Nah, sekarang khalayak dunia menunggu apakah taktik Mexico City akan mampu menurunkan tingkat polusi sebelum hujan turun pada Juni mendatang dan membantu membersihkan atmosfer dari partikulat berbahaya. (Sumber:BBC.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *