STFK Ledalero Sediakan Pusat Layanan Pengembangan Kompetensi Bahasa

by -13 Views
Suara Flores

\SUARAFLORES.NET – Sekolah Tinggi Filsafat Katolik (STFK) Ledalero membuka Pusat Layanan Bahasa (PLB) untuk pengembangan kompetensi bahasa baik bagi civitas akademika STFK Ledalero maupun bagi masyarakat luas. Selasa (5/3/2019), satu biro baru Pusat Layanan Bahasa ini telah diresmikan oleh Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo yang bertempat di STFK Ledalero, Kecamatan Nita, Kabupaten Sikka, Pulau Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Ketua STFK Ledalero, Pater Doktor Otto Gusti Ndegong Madung, SVD menjelaskan bahwa Pusat Layanan Bahasa ini memiliki dua bidang utama yakni Bidang Pengembangan Kompetensi dan Bidang Pelatihan Kompetensi Bahasa yang menyediakan layanan yang berbeda-beda. Bidang pengembangan salah satunya secara khusus menangani tes TOEFEL-ITP yang sudah dilaksankan tiga kali melalui kerjasama resmi dengan lembaga OSEE-IIEF di Jakarta. Kerjasama ini memungkinkan STFK Ledalero menjadi tempat penyelenggaraan tes TOEFEL-ITP yang resmi dan diakui oleh Educational Testing Service (ETS).

Sementara itu, tambah Pater Otto Gusti bahwa di Bidang Pelatihan Kompetensi Bahasa, disediakan layanan pelatihan untuk kursus persiapan tes TOEFEL yang terbuka juga untuk umum. Selain itu juga membuka kelas kursus-kursus Bahasa Inggris yang meliputi beberapa kebutuhan seperti English for Spesific Purpose (ESP), General English class, speaking clasess, grammar clasess dan berbagai macam kelas pelatihan bahasa inggris lainnya. Selain itu, PLB juga menyediakan layanan terjemahan dokumen tersertifikasi dari bahasa inggris ke bahasa Indonesia maupun sebaliknya. Dan tidak menutup kemungkinan juga menyediakan untuk dokumen berbahasa asing lainnya. Untuk layanan ini akan segera efektif dimulai pada bulan Mei 2019.

Keberadaan PLB STFK Ledalero ini diharapkan menjawabi kebutuhan mahasiswa dan juga masyarakat luas dalam pelbagai persaingan terutama di bidang keterampilan berbahasa masa kini. Selain itu, PLB juga merupakan langkah awal persiapan STFK Ledalero dalam mewujudkan rencana program studi Bahasa Inggris pada tahun 2021 mendatang.

Baca juga: Bung Silla Launching Kampung Literasi Pancasila Sakti di Kloangpopot

Baca juga: Pemda Sumba Barat dan YSTC Sepakat Bentuk Pokja MTBS-M

Baca juga: Wakil Bupati Sikka: Belajarlah Bahasa Inggris Agar Bisa Menguasai Dunia

Pater Provinsial SVD, Lukas Jua, SVD melalui sambutan mengatakan kehadiran Pusat Layanan Bahasa ini menjadi media bagi masyarakat luas untuk belajar bahasa inggris. Bahasa inggris adalah bahasa dunia dan era ini menjadi salah satu syarat dalam persaingan kerja.

“Kita sudah masuk MEA dan salah satu konsekuensinya dalam pasar kerja adalah bahasa inggris menjadi syarat wajib. Namun Indonesia oleh insinyur hebat dan lainnya belum menguasai bahasa inggris dengan baik. Ini kekalahsan terbesar kita. Bagi saya, kehadiran Pusat Layanan Bahasa ini menjadi solusi bagi siapapun dari segi kompetisi mencari kerja. Kita menyiapkan tamatan-tamatan yang mampu bersaing di pasar kerja,” ujarnya.

Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada pihak STFK Ledalero. Menurutnya, laboratorium bahasa sangat penting apalagi bahasa inggris.

“Dunia saat ini menuntut kita berbahasa inggris. Karena itu laboratorium bahasa ini sangat penting. Bahasa inggris itu tulis lain baca lain sehingga sangat penting dan saya sangat mendukung hadirnya Pusat Layanan Bahasa ini,” ujarnya melalui sambutan. (sfn02).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *