Tarung di Belgia, Atlet Pencaksilat Sikka Sumbang Emas untuk Indonesia

by -22 Views
Suara Flores

SUARAFLORES.NET – Jeni Elvis Kause (19) adalah salah satu Atlet Silat Perisai Diri (PD) Cabang Sikka, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT). Ia mewakili Indonesia dalam ajang Kejuaraan Dunia Pencaksilat Belgia Open di Belgia yang digelar pada 27 Mei sampai 1 Juni 2019 lalu. Pertarungan yang panas itu, mengantar mahasiswi Undana ini menyumbang satu emas untuk Indonesia pada kelas tanding C putri.

Setelah meraih prestasi menyumbang emas untuk Indonesia, alumni SD Inpres Wolomarang ini pulang kampung pada akhir Juni 2019. Ia berbagi cerita dan kebahagiaan bersama orang tua dan keluarganya.

Saat ini, Mahasiswi Undana Fakultas Penjaskes ini sedang mengikuti Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) untuk menjadi peserta Sea Games pada Cabang Pencaksilat yang akan berlangsung tahun 2020 di Bangkok.

Pelatih Tanding Perisai Diri Kabupaten Sikka Iwan Langkamau kepada SuaraFlores.Net, Sabtu (17/8/2019) mengatakan bahwa Jeni sangat layak meraih prestasi tersebut. Ia adalah sosok yang rajin, ulet dan fokus dalam latihan-latihan. Sesungguhnya ia memiliki bakat tersebut dan terbukti sejak ikut latihan.

Baca juga: Di Kongres PDIP, Jokowi Tegaskan Kembali SDM Kunci Jadi Negara Maju

Baca juga: Festival Danau Kelimutu dan Taga Kamba Sambut HUT RI 74 di Kota Pancasila

Sebelum menyumbang satu emas untuk Negara Kebanggaannya, Jeni telah mengukir sejumlah prestasi. Prestasi-prestasi itu diraihnya mulai dari kabupaten, provinsi hingga tingkat nasional.

Pertama, ia mengikuti kejuaraan antar perguruan tingkat provinsi di Kupang, dan meraih juara tiga. Kedua, mengikuti kejuaraan antar pelajar tahun 2012 di Kupang. Pada tahapan ini ia meraih juara dua. Tahun 2014, ia kembali mengukir prestasi emas ditingkat provinsi, bahkan tingkat nasional dalam kejuaraan Pekan Olahraga Wilayah Pelajar (Polwil) dan Pekan Olahraha Nasional (Popnas) tingkat dewasa. Dan terakhir tahun 2019, Jeni menyumbang emas untuk Indonesia.

“Sebagai pelatih tentu saya sangat bangga dan mendukung penuh perjalanan prestasi Jeni. Semoga apa yang telah diraihnya menjadi motivasi bagi adik-adik di Perguruan Silat Perisai Diri Sikka untuk mengukir prestasi,” ujar Iwan di Lapangan Kota Baru Maumere usai menghadiri Upacara Bendera Memperingati HUT RI yang ke 74. (sfn02).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *