TBM Tawa Gere Menjawab Kebutuhan Anak dengan Membaca

by -1 Views
Suara Flores

SOLOR, SUARAFLORES.NET–Membaca adalah kegiatan meresepsi, menganalisis, dan menginterpretasi yang dilakukan oleh pembaca untuk memperoleh pesan yang hendak dicapai. Selain itu, kegiatan membaca juga mempunyai manfaat penting dalam meningkatkan sumber daya manusia, memperoleh pengetahuan yang praktis dalam kehidupan.

Dengan demikian, Taman Bacaan Masyarakat (TBM ) “Tawa Gere “ Desa Nusadani, Solor Barat, Flotim dapat menjawab kebutuhan anak – anak sekolah dalam membaca, belajar, bermain, dan berbicara dalam segala kesempatan.

Kreativitas dalam mengelola Taman Bacaan Masyarakat (TBM) sangat diperlukan dengan melihat kebutuhan akan membaca di masyarakat terlebih anak didik yang masih mengenyam pendidikan Sekolah Dasar.

Baca juga: Generasi Solor Bertekad Meraih Dunia Melalui Taman Baca Tawa Gere

Yuliana Hobamatan yang akrab disapa Venny dan dibantu Afriyanto Kein, 2 penggiat literasi ini mempunyai berbagai kegiatan dalam membimbing anak belajar pada TBM yang dikelolahnya.  Mereka membagi anak-anak ke dalam beberapa kelas, mulai dari kelas membaca, berhitung, dan menulis. Salah satu kreativitas anak – anak seperti menulis puisi. Anak-anak yang belum lancar membaca dibimbing hingga lancar membaca.

Kegiatan membaca, berhitung, menulis dan bermain ini pun bervariasi tempat kegiatannya.  Tidak terfokus pada lokasi Taman Baca Tawa Gere, tetapi juga dilakukan di pantai. Pantai Enatukan adalah pantai pasir putih yang menjadi lokasi favorit.

Baca juga: IQ Bocah Ini Lebih Tinggi dari Otak Einstein dan Stephen Hawking

Anak-anak terlihat semangat, belajar sambil bermain dan menikmati suasana pantai yang indah dan mempesona. Pemilihan tempat di pantai ini dengan tujuan agar anak-anak tidak bosan belajar karena selalu berada dalam ruangan.

“Ada yang membaca, ada yang bermain, ada pula yang menulis puisi berdasarkan objek alam yang dilihatnya. Kami menyiapkan berbagai macam buku bacaan, alat-alat berhitung termasuk untuk anak-anak SD,” kata Venny, (19/02).

Bagi Venny, minat membaca pada Taman Baca ini bukan hanya anak-anak saja tetapi juga Pelajar dan orang muda pun telah gemar membaca. Sebagian orang muda pun membantu membimbing anak-anak belajar membaca. “Tekat kami terus berbagi dan menginspirasi menuju kampung literasi dengan mencerdaskan anak bangsa,” tandasnya. (jhonter/sfn).