TK Dharma Wanita Nunpene Raih Nilai A Akreditasi Satuan PAUD dan PNF

by -14 Views

KEFAMENANU, SUARAFLORES.NET,- Berkat Daily Routine yang dipraktekan setiap hari dalam bentuk pengembangan literasi, penggunaan area pojok bermain atau sentra, permainan dalam ruangan dan luar ruangan serta penggunaan kantong matematika, TK Dharma Wanita Nunpene meraih Nilai A Status Akreditasi yang ditetapkan oleh Badan Akreditasi Nasional tanggal 21 Agustus 2019 lalu.

Keputusan Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Non Formal Nomor 133/BAN PAUD DAN PNF/AKR/2019 Tentang Penetapan Status Akreditasi Satuan Pendidikan PAUD dan PNF Provinsi Nusa Tenggara Timur Tahap I Tahun 2019 telah menetapkan 290 lembaga yang diakreditasi tahap 1 tahun 2019.

Keputusan ini ditetapkan di Jakarta pada tanggal 21 Agustus 2019 oleh Prof. Dr. Supriyono, M.Pd, sebagai Ketua BAN. Dalam keputusannya Ketua BAN Pusat, menyatakan, Satuan Pendidikan PAUD dan PNF yang telah terakreditasi memperoleh sertifikat akreditasi yang berlaku selama 5 tahun. Sementara itu Satuan PAUD dan PNF yang sebelumnya telah dilakukan uji petik tetapi tidak memenuhi persyaratan bisa diajukan lagi untuk diakreditasi setelah memenuhi sejumlah persyaratan yang ditetapkan BAN. Dalam penetapan tahap 1 ini ada 290 Satuan PAUD dan PNF di Provinsi NTT yang mendapat akreditasi. Ada yang mendapatkan Nilai A, Nilai B dan Nilai C.

Secara khusus untuk Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) kali ini, dalam kegiatan akreditasi kali ini untuk tahap 1 ada 19 unit Lembaga yang telah mendapatkan status akreditasinya. Dari 19 lembaga tersebut, yang mendapatkan Nilai A adalah TK Dharma Wanita Nunpene dan KB. Anugerah. Sedangkan yang mendapatkan Nilai B ada 12 lembaga dan yang mendapatkan Nilai C sebanyak 5 lembaga.

No          NPSN                    Nama PAUD                                       Program                               Status Akreditasi                                            

  1. 69841591              KB. Bilipu                                               Kelompok Bermain              C
  2. 69982559              KB ST Elisabeth                                     Kelompok Bermain              B
  3. 69961264              PAUD KB ST Don Bosco                      Kelompok Bermain              B
  4. 69841682              KB. Kuntum Melati Maubesi              Kelompok Bermain              B
  5. 69841578              TK. Kemala Bayangkari                       Taman Kanak-Kanak            C
  6. 69945653              PAUD Kamboja                                     Kelompok Bermain              B
  7. 69954756              PAUD ST. Vinsentius Oemtonan       Kelompok Bermain              C
  8. 69944116              TK Dharma Wanita Manufui              Taman Kanak-Kanak           B
  9. 69872374              KB. Flamboyan                                      Kelompok Bermain              B
  10. 69841575              TK DW Nunpene                                  Taman Kanak-Kanak          A
  11. 69750466              RA Nurul Falah                                     Raudathul Athfal                  B
  12. 69841580              TK Darma Wanita Lurasik                   Taman Kanak-Kanak            C
  13. 69841667              KB. Lobus A                                           Kelompok Bermain              B
  14. 69841658              KB Melati liuraitoko                            Kelompok Bermain              B
  15. 69942671              KB. Sufana                                             Kelompok Bermain              B
  16. 69841637              KB Niufmetan                                       Kelompok Bermain              B
  17. 69930426              TK. Dharma Wanita Eban                   Taman Kanak-Kanak           B
  18. 69985034              KB. Anugerah                                       Kelompok Bermain             A
  19. 69872367              KB. Kota Sari                                         Kelompok Bermain              C

Kepada TK Dharma Wanita Nunpene, Maria Yosefina T. Kaha, S.Pd.AUD, menyatakan rasa syukur dan terima kasihnya atas pencapaian yang diraih pihaknya. Status Nilai A Akreditasi kali ini adalah hasil kerja sama semua guru dan orang tua, pemerintah desa dan masyarakat di Nunpene yang selama ini selalu bahu membahu mendukung penyelenggaraan sekolah.

“Terima kasih kepada teman-teman guru, anak-anakku di TK Dharma Wanita Nunpene. Terima kasih buat bapak dan mana orang tua anak-anak. Terima kasih buat pemerintah desa dan masyarakat yang selalu mendukung kami. Hasil ini adalah bukti kerja kita bersama dan saya persembahkan buat kita semua, “ujar ibu Sefi Kaha menjawab media ini melalui telepon selulernya.

Kepala TK Dharma Wanita Nunpene, Maria Yosefina T. Kaha, S.Pd.AUD, menjelaskan, ketika tim asesor Provinsi NTT melakukan asesmen di sekolahnya, semua pertanyaan yang disampaikan mampu dijawab dan dibuktikan dengan dokumen atau data dukung. Selain itu, tim juga melihat langsung bagaimana kegiatan harian di ruangan kelas dan di luar ruangan. Implementasi Kurikulum 2013 PAUD dilakukan dengan mengintegraskan konsep K-13 dengan Daily Routine yang pernah diajarkan atau dilatih oleh Plan International Indonesia.

Lebih lanjut dijelaskannya, semua konsep Daily Rotine atau kegiatan harian yang diajarkan pihak Plan International Indonesia sebelumnya diterapkan secara lengkap mulai dari kegiatan pembukaan di luar kelas hingga kegiatan penutupan. Pengenalan literasi dan matematika dilakukan sejak di luar kelas dan pada semua tahapan kegiatan sehingga anak-anak akan mudah mengingat dan mempelajarinya. Selanjutnya, pada kegiatan pembukaan setelah anak membalikan kartu nama dan berdoa, anak-anak juga bercerita secara berpasangan dan itu bisa dilakukan secara baik. Hal sama juga ketika kegiatan membaca buku cerita. Para guru bisa membuatkan buku besar atau Big Book. Anak-anak sangat senang sekali mendengar cerita yang dibuat para gurunya. Hal lain yang menarik adalah pada saat permainan di siklus matematika. Setiap anak mempunyai kantong matematika. Mereka bisa bermain sesuai petunjuk dari gurunya.

“Kami lakukan ini setiap hari, bukan saat mau kunjungan baru dibuat. Kalau saat kunjungan baru mau buat biasanya anak-anak akan kaku karena tidak terbiasa. Oleh karena dilakukan setiap hari, guru-guru dan anak-anak menjadi terbiasa, “ujarnya.

Dijelaskannya pula, selain pembelajaran harian, TK Dharma Wanita Nunpene juga melaksanakan kegiatan parenting secara rutin berupa bina keluarga balita holistik integratif, layanan kesehatan serta pemberian makanan tambahan untuk meningkatkan status gizi anak. Ada juga kegiatan aksi bersama yang dilakukan bersama orang tua atau masyarakat yakni pembangunan Gedung sekolah, penataan halaman dan lainnya.  (bkr/SFN). 6

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *