Trans Utara Flores Butuh Perjuangan Bersama Tingkatkan DAU dan DAK

by -13 Views

BAJAWA, SUARAFLORES.NET,- Untuk menuntaskan jalur jalan Trans Utara Flores diperlukan perjuangan bersama  seluruh rakyat Flores, pemerintah dan para wakil rakyat untuk mendapatkan anggaran dari pemerintah pusat. Pasalnya, APBD Provinsi NTT yang sangat terbatas tidak mampu membiayai pembangunan jalur Trans Utara Flores sepanjang Pantai Utara Pulau Flores.

Menurut mantan anggota DPRD NTT, Kornelis Soi, akar permasalahan yang dihadapi Pemprov NTT  adalah keterbatasan kemampuan keuangan daerah. Provinsi NTT masih sangat bergantung secara fiskal pada pemerintah pusat. Untuk itu, diperlukan perjuangan keras pemerintah dan para wakil rakyat NTT di pusat.

“yang paling utama adalah memperjuangan peningkatan besarnya DAU dan DAK bagi NTT sebagai provinsi kepulauan,” kata  mantan anggota Fraksi PDI-Perjuangan ini, Minggu (20/1/2019) kepada Suaraflores.Net.

Baca juga: Bangun Trans Utara Flores, Jhony Plate: sudah ada dana triliunan rupiah

Baca juga: Jalur Kereta Api Trans Flores Percepat Kemajuan Ekonomi dan Pariwisata

Diberitakan sebelumnya, anggota DPR-RI, Fraksi Partai NasDem, Johni G. Plate menerangkan bahwa pihaknya telah menyampaikan kepada kepada Menteri Keuangan dan Kepala Bappenas terkait kebutuhan biaya pembangunan Trans Utara Flores. Dia mengatakan, telah ada dana triliunan yang disiapkan dan bisa digunakan Kementerian PUPR.

Dikatakan Johni, telah disediakan dana triliunan rupiah untuk ketersediaan lahan ( land bank ) melalui APBN yang ditempatkan pada LMAN ( Lembaga Managemen Aset Negara ) dibawah Menteri Keuangan ( mitra kerja komisi XI DPR RI ).

Dana tersebut, terang dia, setiap saat dapat digunakan oleh Kementerian PUPR  untuk memenuhi kebutuhan Right of Way pembangunan jalan. “Tentunya harus ada koordinasi dengan pemerintah daerah yang harus dilakukan dengan baik,” katanya. (bkr/sfn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *