Utamakan SDM, Cara Viktor Bangun NTT

by -15 Views
Suara Flores

MAUMERE, SUARAFLORES.NET–Bakal Calon Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat beri kuliah umum di Kampus Universitas Nusa Nipa (UNIPA) Maumere, Kabupaten Sikka, Flores, Selasa (02/02/2018). Kuliah umum yang diselengarakan di Auditorium Nawa Cita di hadiri ribuan mahasiswa kampus tersebut.

Dalam kuliah umum tersebut, Viktor mengatakan, bahwa pembangunan yang terjadi selama ini belum menjawabi permasalahan yang sedang dihadapi masyarakat NTT. Sejumlah program yang diturunkan ke masyarakat pun belum tepat sasaran.

Proses pembangunan, kata Viktor, harus sinkron dengan kebutuhan dasar masyarakat NTT. NTT memiliki berbagai potensi seperti kelautan dan perikanan, pariwisata, pertanian dan perkebunan, peternakan dan berbagai potensi lain, mestinya dapat mendongkrak pembangun kesejahteraan masyarakat NTT.

“Potensi-potensi ini harus dikelolah secara baik dengan dukungan Sumber Daya Manusia (SDM) yang profesional dan berkualitas. Saya melihat SDM masih menjadi masalah utama di NTT. Ini yang akan kami (Paket Viktory-Joss) lakukan apabila kami terpilih menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur NTT 5 tahun ke depan. SDM kaum muda NTT harus ditingkatkan dengan cara mengirim ribuan pelajar sekolah di luar negeri,” kata Mantan Anggota DPR RI dari Partai Nasdem.

Baca juga: Rakyat NTT Rugi Besar Jika Tak Dukung Viktory-Joss

Dijelaskan, bahwa potensi pengembangan produksi garam di NTT sangat luar biasa. Karena NTT adalah daerah kepulauan dan juga sebagai wilayah dengan curah hujan yang rendah. Ini berarti proses pengolahan garam di NTT menjadi pemasok kebutuhan garam di Negara ini bahkan negara lain.

“Kenapa tidak bisa? Kan kita belum mulai. Mari kita serius bekerja supaya kita dapat melakukan ini untuk kemajuan NTT. Ini menjadi salah satu potensi dari sekian banyak potensi yang harus kita kelolah secara serius” tegas Viktor.

Viktor juga mengatakan akan mengutamakan pembangun kemanusiaan dan pembangunan ekonomi dengan mencermati potensi dan masalah yang ada di daerah ini. Potensi pariwisata merupakan prospek yang bagus untuk meningkatkan kesejahteraan manusia. Karena, menurut Viktor,  pembangunan sejauh ini belum memaksimalkan potensi yang ada.

Baca juga: Romanus: Kalau Wajah Baru Berarti Pengkaderannya Berjalan

Dikatakannya, NTT sejauh ini masih memegang predikat sebagai propinsi 3T yakni; terpencil, terluar dan terisolasi.

“Masalah utama pembangunan di NTT adalah masalah SDM. Hal ini sangat menganggu pikiran saya,” kesalnya.

Dalam kuliah umum tersebut, Viktor menawarkan solusi untuk keluar dari problem utama pembangunan dan kesejahteraan di NTT dengan mengirim pelajar untuk meningkatkan SDN. Cara lainnya kita  menegrikan UNIPA,” tutupnya. (kenken).