Wabup Flotim: Manfaatkan Dana Desa untuk Masa Depan Anak

by -22 Views
Suara Flores

LARANTUKA, SUARAFLORES.NET–Wakil Bupati Flores Timur, Agustinus Payong Boli, SH, Jumad (16/03/2018) secara resmi melaunching Desa Lewotobi, Kecamatan Ile Bura sebagai desa layak anak. Deklarasi ini berlangsung sangat meriah dalam berbagai atraksi yang dipentaskan oleh anak-anak Lewotobi.  

Deklarasi ini juga ditandai dengan pemberian beasiswa bagi siswa miskin oleh Payong Boli sebagai aksi nyata gerakan anak menabung sejak Sekolah Dasar. Dalam sambutannya ia meminta semua pihak untuk mendukung Desa Lewotobi dengan berbagai tindakan nyata.

“Saya minta Kepala Puskesmas Ile Bura segera canangkan program pelayanan kesehatan khusus anak di sekolah setiap 2 bulan sekali. Sekolah-sekolah juga diminta gunakan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk membantu siswa miskin seperti bantuan transportasi siswa. Desa juga harus memanfaatkan dana desa untuk pemberdayaan anak,” tegasnya.

Ia mengharapkan agar pemerintah desa memaksimalkan anggaran melalui program-program yang lebih menyentuh anak-anak. Bahwa anak-anak sebagai generasi penerus Flotim harus diberdayakan dengan memanfaatkan anggaran dana desa. Program atau kegiatan yang sifatnya tidak terlalu menunjang anak harus dihindari.

Menurutnya, selama ini banyak anggaran baik di desa, sekolah, puskesmas maupun instansi pemerintah lainnya acapkali disalah kelolah dan tidak tepat sasaran.

“Deklarasi ini harus menjadi momentum kebangkitan generasi baru lewotanah. Gerakan segala sumber daya desa melalui program, kebijakan di tingkat desa yang lebih pro anak. Saya kira,  desa, sekolah dan instansi pemerintah lainnya harus berani lakukan terobosan,”pungkasnya.

Baca juga: Hari Ini Lewotobi Dideklarasikan Jadi Desa Layak Anak

Kades Lewotobi, Tarsisius Buto Muda memberi apresiasi terhadap Wabup Agus Boli yang bersedia melaunching Lewotobi sebagai desa layak anak.

“Kami berharap pemerintah kabupaten Flotim bisa memfasilitasi berbagai hal terkait pembangunan sumber daya anak di desa, termasuk melobi ke pemerintah pusat untuk mendapat bantuan,”tukasnya.

Disaksikan Suaraflores.net, Wabup Agus Payong Boli didampingi Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Martinus Paron Blelen, SH tiba pukul 13.00 waktu setempat diterima secara adat oleh Forum Anak Lewotobi, Camat Ile Bura, Kepala Desa Lewotobi serta Muspika Ile Bura. (war).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *