Warga Birawan Antusias Sambut PTSL 2018, 400 an Bidang Tanah Siap Diukur

by -19 Views
Suara Flores

LARANTUKA, SUARAFLORES.NET-Warga Desa Birawan Kecamatan Ile Bura, Flotim antusias menyambut Program Nasional Agraria (PRONA), Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap/PTSL tahun 2018. Buktinya, dari sekitar 400 an bidang tanah, baik lahan pekarangan perorangan, fasilitas umum dan pertanian yang siap diukur. Pengukuran dilakukan sejak Selasa, (06/02/2018), hingga saat ini sudah dilakukan pada 53 bidang tangah oleh Tim dari Kantor Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Flotim.

Demikian penjelasan Kepala Desa Birawan, Tarsisius Buto Muda melalui Kepala Seksi Kemasyarakatan Desa Birawan, Polus Aran kepada SuaraFlores.Net saat di temui di sela-sela kegiatan pengukuran tanah Kantor Desa Birawan, Pos Polisi Ile Bura, Posyandu Lewotobi, Rumah Komite SDK Lewotobi dan sejumlah lahan pekarangan warga Desa Birawan, Rabu,(0 7/2) siang.

Dikatakan, bahwa antusiasme warga Birawan sangat tinggi terlihat dari banyaknya lahan yang siap diukur. Di antaranya, Dusun Lewouran sekitar 300 an bidang tanah dan Dusun Lewotobi A dan B sekitar 100 an bidang tanah.

Baca juga: Pungut Biaya Sertifikat Tanah, Aparat Desa Habi Terjaring OTT

Baca juga: Usai Periksa Saksi, Polisi Tetapkan Kades Habi Sebagai Tersangka

“Persyaratan yang dibutuhkan seperti fotocopy kartu keluarga 2 lembar, KTP 2 lembar, materai 2 lembar dan SPPT 2 lembar. Saya pastikan semuanya berjalan lancar sesuai aturan,” sebut Polus Aran yang di dampingi Kepala Dusun Lewotobi A, Kanisius Uran.

Baca juga: Pemuda dan Pembangunan Wirausaha di Flores Timur

Pantauan SuaraFlores.Net, saat pengukuran sejumlah lahan di Desa Birawan, (07/2),  terlihat adanya antusiasme warga yang luar biasa. Dukungan dari jajaran pemerintah desa Birawan, dalam hal ini Kepala Desa Tarsisius Buto Muda, Kepala Dusun Lewotobi B, Ansi Witin yang terjun langsung ke lapangan. Ada Kepala Dusun Lewouran, Longginus Muda, Kapospol Ile Bura, Herman Hali Lamabelawa.

Kepala Kantor Pertanahan Flotim, Drs. I Wayan Bani melalui stafnya Hilarius Bella dan Emanuel Mbele memberi apresiasi terhadap antusiasme warga Birawan menyambut Program Nasional Agraria PTSL 2018.

“Kami berharap dukungan semua pihak agar proses ini berjalan lancar hingga selesai,”sambung Hilarius Bella. (war/sfn03).